Sekolah di Amerika Serikat, Iqbaal Ramadhan Harus Cuci Baju Sendiri

Kompas.com - 26/05/2018, 19:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan artis peran Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (18) mengaku harus mencuci bajunya sendiri selama bersekolah di Amerika Serikat.

"Di Amerika kan jauh dari orangtua, cuci baju sendiri, ngapa-ngapain sendiri," ujar Iqbaal saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Iqbaal bersyukur akhirnya bisa belajar mandiri selama di negeri Paman Sam. Meskipun, ia kerap merasa galau karena jenuh dan jauh dari keluarga.

"Ya, mau di mana sekolah pasti ada jenuhnya. Gimana caranya menyemangati diri sendiri harus ada ability-nya," kata Iqbaal.

Baca juga: Sekolah Jadi Prioritas, Iqbaal Ramadhan Menolak Homeschooling

Jika dirinya mulai merasa jenuh, personel CJR itu kembali mengingat bagaimana susahnya mengikuti seleksi sekolah tersebut.

Sebagai informasi, Iqbaal bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, Amerika Serikat, dengan mendapatkan beasiswa.

UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

"Gue tuh ngotot pengin ke sana. Pas lagi malas, gimana punya ability melihat tujuan awal ketika gua apply. Penantian enam bulan seleksi, jadi gue harus mengembalikan perasaan pada waktu seleksi. Gue juga harus membanggakan orangtua," ujar dia.

"Gue juga ingat ada quote di Instagram Raisa. 'Ketika kamu bermalas-malasan, kamu sedang mengkhianati diri sendiri'. Orangtua gue kasih kepercayaan. Ketika dikasih kepercayaan, ya kita buktiin dong. Bunda tuh susah dan berat banget sebenarnya ngelepas gue ke luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Merasa Punya Kedekatan Karakter dengan Minke Bumi Manusia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.