Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iqbaal Ramadhan Ungkap Alasan Utama Bersekolah di Luar Negeri

Kompas.com - 26/05/2018, 22:13 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan artis peran Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan (18) mengungkapkan alasan utamanya bersekolah di United World Colleges (UWC), New Mexico, Amerika Serikat.

"Salah satu alasan gua sekolah di sana karena gua terlalu nyaman banget di sini," ujar Iqbaal saat menjadi pembicara dalam acara bertema Discover: Yourself Future di @america Pacific Place Mall, di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5/2018).

Sebagai informasi, Iqbaal baru saja lulus dari UWC pada Mei 2018. UWC merupakan lembaga pendidikan setara sekolah menengah atas (SMA). Para siswa UWC berasal dari berbagai negara.

Lebih lanjut Iqbaal mengatakan, kenyamanan yang dimaksud adalah karier yang melonjak bersama boyband CJR sebelum akhirnya ia bersinar di dunia perfilman Tanah Air. Iqbaal merasa takut menjadi jemawa.

Baca juga: Sekolah di Amerika Serikat, Iqbaal Ramadhan Harus Cuci Baju Sendiri

"Karier gua bagus kan, sekolah nilai tinggi, gua takut bentar lagi jadi sombong nih. Akhirnya gua putuskan enggak mau sekolah di sini. Akhirnya gua putuskan sekolah di luar," kata Iqbaal.

Keputusannya untuk bersekolah ke luar negeri awalnya sempat terkendala restu orangtua. Namun, Iqbaal berusaha meyakinkan kedua orangtuanya hingga mereka luluh.

Setelah mendapatkan restu, pemeran Dilan dalam film Dilan 1990 itu kemudian mencari informasi tentang beasiswa sekolah di luar negeri. Atas informasi pamannya, ia kemudian mengikuti proses seleksi selama enam bulan hingga dinyatakan lolos.

"Memang (kalau ingin kejar mimpi sekolah di luar negeri) enggak boleh dipaksa sih. Harus dari diri sendiri," kata Iqbaal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com