Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diiringi Tepuk Tangan, Kendrick Lamar Terima Penghargaan Pulitzer

Kompas.com - 31/05/2018, 15:40 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rapper Kendrick Lamar telah menerima Pulitzer Prize dalam bidang Musik untuk albummya yang berjudul DAMN (2017).

Ia secara resmi menggenggam piagam penghargaannya itu dalam acara di Universitas Columbia, New York, AS, Rabu (30/5/2018).

Hal itu menjadikan Lamar sebagai seniman non-klasik atau jazz pertama yang menerima penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, Pulitzer Prize merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalistik cetak di Amerika Serikat. Pulitzer Prize juga diberikan untuk pencapaian dalam bidang sastra dan gubahan musik. 

"(DAMN) adalah koleksi lagu virtuoso yang disatukan oleh keaslian vernakularnya yang menawarkan sketsa yang menangkap kompleksitas kehidupan Afrika Amerika modern," kata pemandu acara sesaat sebelum memanggil Lamar ke panggung.

Lamar yang duduk di samping pembaca berita CBS News, Gayle King, lalu maju dengan iringan gemuruh tepuk tangan. Ia tersenyum, tetapi tak berkomentar saat menerima penghargaannya.

Meski begitu, Lamar berkomentar melalui video langsung akum Facebook Pulitzer Prize.

"Ini suatu kehormatan ... Saya telah menulis seluruh hidup saya, jadi untuk mendapatkan pengakuan semacam ini - ini indah," kata Lamar.

DAMN sebelumnya dinobatkan sebagai Album Rap Terbaik dan dinominasikan untuk Album of the Year di Grammy Awards tahun ini.

Agustus lalu, Lamar berbicara dengan Rolling Stone tentang pola pikir artistiknya saat menyusun album double platinum-nya itu.

"Tujuan awalnya adalah membuat hibrida dari dua album komersial pertama saya. Itu adalah fokus kami, bagaimana melakukannya secara sonik, lirik, melalui melodi. Dan itu keluar persis bagaimana saya mendengarnya di kepala saya. ... Ini semua bagian dari saya," ujar Lamar ketika itu.

"Musikalitasku telah mendorongku sejak saya berumur empat tahun. Ini hanya bagian dari saya, manusia, dan bagaimana saya mengeksekusinya adalah tantangan utama. Dari To Pimp a Butterfly ke DAMN. Itu bisa gagal jika tak dieksekusi dengan benar," tambahnya.

Jadi saya harus benar-benar berhati-hati pada isinya dan bagaimana saya merangkai masuk dan keluar dari topik, yang secara organik masih terasa seperti saya," kata Lamar lagi.

Baca juga: Kendrick Lamar, Rapper Pertama Peraih Hadiah Pulitzer Bidang Musik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com