Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hannah Al Rashid Pinjam Ilmu Mendiang Bondan Winarno

Kompas.com - 01/06/2018, 22:04 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berperan sebagai kritikus makanan dalam film Aruna dan Lidahnya, aktris Hannah Al Rashid meminjam ilmu dari ahlinya. Dia mengaku menggunakan kiat-kiat yang pernah diajarkan mendiang Bondan Winarno padanya.

"Aku sempat kerja sama dengan Pak Bondan, dikasih tahu cara sama beliau pas shooting di sembilan restoran. jadi triknya nasi enggak usah disentuh, lauknya aja," kata Hannah saat ditemui di Ecology, Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018).

Hannah pernah beberapa kali mengikuti perjalanan atau wisata boga mendiang presenter acara kuliner itu. Di situlah, ia banyak berdiskusi dan menyerap ilmu dari pria yang dikenal dengan celetukan "maknyus" itu.

"Lumayan sih dapat ilmunya dari perjalanan wisata kuliner. Emang sempat jalan beberapa kali sama beliau, menyenangkan banget," ujat Hannah.

Baca juga: Pakai Hitungan Matematika, Hannah Al Rashid Berhasil Jaga Berat Badan

Dalam film Aruna dan Lidahnya, Hannah memerankan karakter Nad yang berprofesi sebagai kritikus makanan yang sedang mempersiapkan sebuah buku.

Nad dikisahkan ikut dalam petualangan kuliner temannya, Aruna (Dian Sastrowardoyo), di beberapa wilayah Indonesia.

"Enaknya jadi food critic seperti Nad di film ini bikin aku juga kritis pas nyobain makannannya. Enggak hanya menilai enak dan enggak sebuah makanan, tapi juga harus bisa bahas teksturnya, rasa, rasio antara kuah dan mie, dengan asin asem. Kemiripan dengan makanan daerah lain," ucap Hannah.

Tak hanya berbekal ilmu soal makanan dari mendiang Bondan, ia juga menambah pengetahuannya lewat film-film atau acara kuliner.

"Jadi untuk peran ini dalami karakternya gue nonton banyak acara kuliner kayak No Reservations di mana style cicipin makanan enggak dari apa yg lagi dimakan, tapi juga dari budaya, ngomongin sejarah makanan juga," ujar Hannah.

Aruna dan Lidahnya merupakan film adaptasi lepas dari novel karangan Laksmi Pamuntjak berjudul sama yang disutradarai oleh Edwin. Selain Hannah, film ini juga menghadirkan sederet aktor papan atas Tanah Air, yakni Dian Sastro, Nicholas Saputra, dan Oka Antara.

Aruna dan Lidahnya yang skenarionya ditulis oleh Titien Wattimena dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada September 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com