Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak Tayang di Bioskop AS

Kompas.com - 23/06/2018, 07:08 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak arahan sutradara Mouly Surya, ditayangkan di bioskop Amerika Serikat mulai Jumat (22/6/2018).

"Theatrical release di Amerika menjadi penting untuk memperkenalkan Mouly Surya dan film Indonesia ke audiens amerika secara umum," kata produser Rama Adi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/6/2018).

Ia mengatakan, distribusi film Marlina di Amerika dilakukan oleh dua distributor spesialis film arthouse, yakni Icarus dan Kimstim.

Selain film Marlina, hanya beberapa saja film Indonesia yang pernah mendapatkan distribusi bioskop di AS. Di antaranya The Raid dan The Act of Killing.

"Marlina juga akan diputar di bioskop Kanada mulai tanggal 29 Juni 2018," ujar Rama.

Sejak kali pertama diputar dalam program Directors Fortnight di Festival Film Cannes pada Mei 2017 lalu, Marlina sudah didistribusikan di lebih dari 40 negara.

Film yang dibintangi Marsha Timothy itu juga masuk seleksi sejumlah festival film Internasional.

“Festival film internasional seperti Cannes dari awal kami jadikan strategi penting sebagai etalase untuk memperluas jalur distribusi film," ucap Rama.

Sebelumnya, film Marlina pernah menyabet penghargaan sebagai skenario terbaik pada FIFFS Maroko edisi ke-11. Serta penghargaan sebagai film terbaik Asian Nest Wave dari The QCinema Film Festival, Filipina.

Selanjutnya, Marlina memenangi penghargaan NETPAC Jury Award di Five Flavours Asian Film Festival 2017.

Marsha Timothy sebagai bintang utama juga meraih penghargaan sebagai aktris terbaik dari Sitges International Fantastic Film Festival, mengalahkan aktris Hollywood, Nicole Kidman.

Baca juga: Genre Western dalam Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com