Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMI Rilis Album Anak-anak "Dunia Kita"

Kompas.com - 23/06/2018, 12:02 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai detik ini tidak bisa dimungkiri bahwa literasi lagu anak-anak di Tanah Air masih jauh di bawah rata-rata. Zaman digital seperti sekarang ini juga tak lantas membuat karya lagu anak-anak bertambah.

Beruntung di tengah minimnya produksi lagu anak-anak, masih ada saja pihak yang masih perduli terhadap musik anak-anak. Salah satunya adalah Sekolah Musik Indonesia (SMI) yang meluncurkan album perdananya, Dunia Kita.

Tema album ini menunjukkan tentang kejadian sehari hari dan imajinasi anak-anak yang seringkali diceritakan kepada teman dan orangtua mereka bahkan ke orang-orang yang dijumpai di sekitar mereka.

Penyanyi cilik Sakti, Tasya, Freya, Joy, dan Keysha yang terpilih untuk membawakan lagu dalam album Dunia Kita. Lagu-lagu tersebut adalah "Hati Senang dan Riang" (Sakti), "Ayah Ibu" (Tasya), "Matahari dan Bulan" (Freya), "Warna Warni" (Joy), "Dunia Kita" (Keysha).

Baca juga: Tumbangkan Seribu Peserta, Ini Pemenang Lomba Cipta Lagu Anak 2018 

"Kami cukup prihatin melihat perkembangan musik anak anak sekarang, di mana anak-anak mengonsumsi lagu lagu dewasa yang secara musikalitas cukup hebat tetapi secara konten atau lirik sangat tidak pantas untuk anak anak. Hal ini yang menjadi salah satu alasan kami untuk membuat langkah yang benar untuk generasi ini," kata CEO SMI Freddy Aryanto dalam siaran pers Sabtu (23/6/2018).

"Alasan kami yang kedua adalah saat ini musik belum menjadi salah satu profesi populer yang diminati orangtua dan anak, padahal kita juga tahu bahwa saat ini industri musik kian berkembang di indonesia dan di dunia berkat kemajuan teknologi dan internet, dan hal ini menciptakan lebih banyak lagi profesi yang ada di dunia musik," lanjut Freddy.

Oleh sebab itu SMI tergerak untuk membangun pasar di segmen anak-anak melalui SMI Tune.

"Di mana bakat anak didik tidak disia-siakan begitu saja. Anak mulai diarahkan untuk mengenal industri musik bahkan hasil yang didapat 100 persen. Program itu kami beri nama 'Belajar Musik Dapet Uang'," kata producer SMI Tune Dionisius Edo.

Oleh sebab itu ada hal-hal yang perlu dipahami orang dewasa. agar tidak membatasi imajinasi mereka. Masa kecil adalah masa yang paling rentan, sedapat mungkin orang tua dapat menyelami Dunia anak-anak supaya perkembangan mereka bertumbuh dengan maksimal.

"Seringkali kita tidak bisa memahami apa yang ada di pikiran anak–anak, karena mereka memiliki penglihatan yang berbeda dari kita," jelas Sebastianus Yoga sebagai producer pelaksana SMI Tune.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com