Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinnie Paul, Pendiri dan Mantan Drummer Pantera, Meninggal Dunia

Kompas.com - 24/06/2018, 12:05 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Ati Kamil

Tim Redaksi

Sumber BBC

LAS VEGAS, KOMPAS.com -- Vinnie Paul, salah satu pendiri band heavy metal Pantera yang juga mantan drummer grup yang dibentuk di Arlington, Texas, AS, itu telah tiada.

Paul, yang lahir di Abilene, Texas, AS, pada 11 Maret 1964 waktu setempat, meninggal dunia di Las Vegas, Nevada, AS, dalam usia 54 tahun pada Jumat lalu (22/6/2018) waktu setempat.

"Vincent Paul Abbott alias Vinnie Paul telah meninggal dunia," begitu bunyi pernyataan pihak Pantera pada laman Facebook band tersebut, yang dikutip oleh Kompas.com pada Minggu (24/6/2018).

Namun, tidak ada pernyataan resmi dan detail tentang penyebab kematian Paul. Dalam pernyataan selanjutnya, pihak yang sama meminta kepada para penggemar dan media untuk menghormati privasi keluarga Paul.

"Paul paling dikenal karena karyanya sebagai drummer band Pantera dan Hellyeah.
Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan saat ini. Keluarga meminta Anda untuk menghormati privasi mereka selama waktu ini," lanjut pihak itu.

Baca juga: Metal yang Mengakar dan Membesar

BBC memberitakan bahwa sejumlah pemusik metal dan rock memberi ucapan duka atas kepergian Paul untuk selamanya.

"Saya baru saja bangun di Belgia dan mendengar kabar bahwa teman saya Vinnie Paul telah meninggal dunia. Pahlawan metal ini terlalu cepat pergi. Sampaikan salam saya untuk Daryl. Istirahat dalam damai, sahabat saya," tulis Dave Mustain, pendiri dan vokalis Megadeth, pada akun Twitter-nya.

"Sangat sedih mendengar kematian Vinnie Paul. Senang ketika Pantera tampil bersama kami dan beberapa tahun kemudian Vinnie selalu berada di depan dan di tengah-tengah pertunjukan KISS. RIP dan belasungkawa kepada keluarganya," tulis gitaris KISS Paul Stanley.

"Hati remuk redam ketika mendengar tentang orang yang paling baik telah pergi. Vinnie Paul tidak menunjukkan apa-apa selain cinta. Kami akan merindukanmu Vinnie," tulis pihak band Papa Roach.

Baca juga: Metallica dan Filsafat Kehidupan ala Heavy Metal

Vinnie Paul mendirikan Pantera pada 1981 bersama adiknya, Dimebag Darrell, yang tewas ditembak ketika sedang manggung pada 2004 bersama bandnya yang lain, Damageplan, di Columbus, Ohio, AS.

Mereka berdua merupakan anak-anak dari produser musik Jerry Abbott.

Sepanjang karier mereka, Pantera meraih empat nominasi Grammy Awards dan sembilan album mereka masuk tangga album Billboard 200.

Pada 2003, Pantera bubar karena perselisihan pribadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com