Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSY Ungkap Cerita Mengejutkan di Balik Lagu Gangnam Style

Kompas.com - 02/07/2018, 09:15 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

Sumber soompi.com

KOMPAS.com - Penyanyi asal Korea Selatan, Park Jae-sang atau PSY, berbagi cerita mengejutkan di balik hit-nya "Gangnam Style".

Ia mengaku hampir saja tak mengunggah video musik singel tersuksesnya itu ke YouTube. Hal ini ia ungkapkan saat mengisi acara Hidden Singer 5.

"Sejujurnya, saya bahkan tidak tahu apa itu YouTube. Ketika seorang karyawan menyarankan untuk mengunggah video musik 'Gangnam Style' di YouTube, saya berkata, 'Saya bahkan tidak memiliki penggemar internasional, jadi mengapa kita harus mengunggahnya?'" kata PSY.

Baca juga: PSY dan YG Entertainment Akhiri Kontrak Kerja Sama Eksklusif

"Kami akhirnya mengunggahnya karena mereka mengatakan 'itu mungkin menyenangkan jika kita mengunggahnya', dan kemudian semua itu terjadi dalam waktu satu bulan," tambahnya.

PSY mengatakan pula bahwa jika "Champion" adalah lagu yang berbicara tentang identitas seorang PSY, maka "Gangnam Style" seperti penghargaan atau piala dalam hidupnya.

Pemandu acara tersebut, Jun Hyun Moo, kemudian bertanya apakah ada momen berkesan bagi PSY saat video "Gangnam Style" saat popularitasnya mulai menanjak.

Saat ini, video musik "Gangnam Style" sudah ditonton tiga miliar kali sejak dirilis lima tahun lalu.

"Saya pernah menjalani shooting di depan Menara Eiffel di Paris dan begitu banyak orang berkumpul saat itu di siang hari. Saya benar-benar terkejut ketika itu," kata PSY.

Penulis lagu Kim Hyung Suk menimpali bahwa "Gangnam Style" punya dampak besar bagi industri musik Korea Selatan.

"Dulu sulit untuk bekerja dengan musisi asing, tapi setelah PSY, saya menerima banyak tawaran dari luar negeri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber soompi.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com