Saksi Benarkan Identitas Admin Twitter Ahmad Dhani

Kompas.com - 02/07/2018, 17:37 WIB
Ahmad Dhani menghadiri sidang kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanAhmad Dhani menghadiri sidang kasus ujaran kebencian di PN Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah seorang saksi perkara ujaran kebencian membenarkan bahwa Suryopratomo Bimo adalah salah satu admin akun Twitter terdakwa Ahmad Dhani.

Saksi bernama Syawal tersebut menyatakan hal itu pada sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Ampera Raya, Senin (2/7/2018).

"Saya tanya sama dia. Kerjanya apa sekarang? 'admin'. Dia admin social media dari terdakwa," ujar Syawal yang merupakan saksi dari jaksa penuntut umum.

Syawal merupakan seorang pekerja di Republik Cinta Manajemen (RCM) milik Dhani. Syawal bertugas sebagai editor video dan juru kamera untuk klip video.

Kepada Hakim Ketua Ratmoho, Syawal mengaku mengenal Bimo sejak 2009. Ia mengetahui Bimbo sebagai seorang admin Twitter Dhani pada awal 2017.

"Kalau jadi admin baru sekitar awal 2017-an," kata Syawal.

Syawal mengaku tidak mengetahui gaji Bimo sebagai admin. Ia mengatakan soal gaji adalah privasi yang bersangkutan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya enggak tahu. Enggak pernah tanya (soal gaji)," kata Syawal.

Menurut pengakuan Syawal, Bimo kerap hadir ketika Dhani berkegiatan di lokasi shooting. Ia berujar, Bimo bertugas mengunggah kegiatan-kegiatan Dhani di lokasi shooting tersebut.

"Biasanya kebutuhan untuk publish di sosmed. Karena ada Mas Dhani," ujarnya.

Adapun dalam dakwaan jaksa, Bimo merupakan admin yang mengunggah tiga twit yang diduga menimbulkan ujaran kebencian di akun Twitter @AHMADDHANIPRAST.

Bimo menerima salinan kalimat twit itu dari Dhani melalui aplikasi Whatsapp. Bimo digaji Rp 2 juta per bulan.

Baca juga: Ahmad Dhani Sebut Kasus yang Dihadapinya Bukan Masalah Besar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.