Jaksa Ajukan Tuduhan Baru terhadap Harvey Weinstein mengenai Serangan Seksual

Kompas.com - 03/07/2018, 16:15 WIB
Editor Ati Kamil

NEW YORK, KOMPAS.com -- Jaksa Distrik Manhattan, New York City, AS, pada Senin (2/7/2018) waktu setempat mengajukan tuntutan pidana baru terhadap produser film Harvey Weinstein (66).

Pada Mei 2018 Weinstein telah dituduh melakukan pemerkosaan dan kejahatan seksual lain.

Tuduhan baru pada Senin mencakup serangan seksual dan melibatkan perempuan ketiga selain dua perempuan yang sudah disebutkan dalam dakwaan sebelumnya.

Weinstein, yang pernah menjadi produser film paliang berkuasa di Hollywood, mengaku tidak bersalah atas tuduhan pertama.

Baca juga: Harvey Weinstein Bebas dari Dakwaan dengan Jaminan Rp 14 Miliar

Benjamin Brafman, pengacara Harvey Weinstein, belum bisa dihubungi untuk diminta komentarnya.

Lebih dari 70 perempuan menuduh pendiri kedua studio film Miramax itu melakukan pelanggaran seksual, termasuk pemerkosaan, dalam rangkaian insiden yang terjadi puluhan tahun lalu.

Tuduhan itu memunculkan gerakan #MeToo dan mendorong ratusan perempuan secara terbuka menuduh orang-orang kuat dalam bisnis, pemerintahan, dan hiburan melakukan pelecehan seksual dan tindakan yang tidak pantas.

Baca juga: Artis-artis yang Buka Suara soal Pelecehan Seksual

Setelah memecat Harvey Weinstein, Weinstein Co mengajukan pailit Maret 2018 dan Academy of Motion Pictures Arts dan Sciences (AMPAS), penyelenggara Academy Awards atau Piala Oscar, mengeluarkannya dari keanggotaan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, AMPAS memberinya piala Oscar untuk film-film yang turut mendefinisikan sinema independen pada 1990-an, termasuk Shakespeare in Love dan Pulp Fiction.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.