Ulang Tahun ke-25, Java Jive Kolaborasi dengan Fariz RM

Kompas.com - 07/07/2018, 09:15 WIB
Grup band Java Jive tampil dalam pergelaran Java Jazz 2018 yang diadakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/3/2018) malam. KOMPAS.com/IRFAN MAULLANAGrup band Java Jive tampil dalam pergelaran Java Jazz 2018 yang diadakan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/3/2018) malam.
Penulis Reni Susanti
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Tahun 2018 terasa spesial bagi grup band asal Bandung, Java Jive. Karena pada tahun ini, mereka merayakan hari jadi yang ke-25.

"Tahun ini spesial banget karena Java Jive peringati kebersamaannya yang ke-25 tahun dengan personel yang sama," ujar vokalis Java Jive, Fatur, kepada Kompas.com di Simpati Forever Young B! 80' 90' di Bandung, Jumat (6/7/2018).

Hal istimewa dalam perayaan ulang tahun Java Jive kali ini adalah terwujudnya kolaborasi Fatur dkk bersama artis yang mereka idolakan, yakni Fariz RM. Java Jive berkolaborasi membawakan lagu "Dansa Yok Dansa" karya Titiek Puspa yang dipopulerkan The Rollies.

Kolaborasi ini, sambung Fatur, sudah dicita-citakan sejak lama, bahkan sebelum mereka masuk dapur rekaman. Namun, entah mengapa beberapa kali kolaborasi ini selalu gagal diwujudkan.

Baca juga: Java Jive Ajak Pemuda pada Masanya Reuni di Java Jazz 2018

Kesempatan itu akhirnya terwujud ketika mereka berkolaborasi secara tidak sengaja. Java Jive saat itu tengah mengerjakan proyek bermusiknya, kemudian Fariz RM masuk dan diajak berkolaborasi secara spontan.

"Mas Fariz bilang, oke saya setuju. Saya isi sebagian untuk aransemen," tuturnya.

Prosesnya terbilang cepat. Java Jive butuh waktu dua minggu untuk mengerjakan musik dasar, sedangkan Fariz RM lebih cepat satu minggu. Hanya dalam satu bulan, racikan kolaborasi itu selesai.

"Lucunya, banyak kesamaan antara Java Jive dengan Mas Fariz. Mungkin karena kami nge-fans sama dia," ungkapnya.

"Kami tipe yang mematahkan semua pakem-pakem yang baku. Musik itu harmonisasinya luas. Tidak harus seperti a, b, c, d. Apapun yang kami buat selama kami yakin dan kompak gongnya pasti ada," lanjut Fatur.

Itulah mengapa Java Jive dan Fariz RM tetap padu meski mereka tidak pernah latihan.

"Harmonisasi, pembagian aransemen, malah jadi asyik, jadi surprise," ungkapnya.

Fatur merasa bersyukur di ulang tahun bandnya ia bisa manggung di kota kelahirannya, Bandung. Bandnya akan menyemarakkan Simpati Forever Young B! 80' 90' yang diklaim menjadi penampilan artis 80-90an terbesar tahun ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X