Kimo Stamboel: Bikin Film Adaptasi Games Lebih Sulit daripada Buku

Kompas.com - 14/07/2018, 20:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Kimo Stamboel mengatakan, bahwa membuat film yang diadaptasi dari games lebih sulit daripada buku novel.

Kimo menjadi sutradara untuk film Dreadout, yang diadaptasi dari game horor buatan developer lokal Digital Hapines berjudul sama.

"Lebih sulit. Game berbeda dengan buku, kalau buku lebih bertutur. Ini kan genre-nya person, ceritanya tidak detail. Untuk mengembangkan itu butuh waktu yang cukup lama sih," kata Kimo dalam jumpa pers di acara Game Event, Balai Kartini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Sabtu (14/7/2018).

Kimo membuat penulisan skenario Dreadout sejak 2014. Ia merampungkanya pada akhir 2017 lalu. Yang bikin sulit adalah menggali karakter-karakter yang ada di dalam games tersebut.

"Selain itu, gua kan juga kerjain film lain dan baru dapat kesempatan serius 2017 ini," ujarnya.

Baca juga: Game Dreadout Diangkat ke Layar Lebar

Perdana menggarap horor, Kimo mengaku akan mencoba membawa nuansa horor yang menyeramkan dalam film ini.

"Orang kalau main game-nya kan creepy, kultural rasa Indonesia ada. Gua mencoba masukin ke film ini. Karena film kan harus bisa lebih travel lagi ke internasional," kata dia.

"Orang luar lihat film lebih suka karakter kayak Pocong, Kuntilanak, daripada hantu lainnya. Gua mau bawa ini sebagai horornya Indonesia," sambung Kimo.

Terkait siapa saja pemain Dreadout, Kimo belum bisa berbicara lebih banyak. Saat ini, proses shooting tengah berlangsung di dua lokasi, yakni Jakarta dan Cibodas, Bogor, Jawa Barat.

"Sedang proses shooting, rencananya 35 hari," kata Kimo.

Dalam versi game, Dreadout menceritakan tentang Linda dan kawan-kawannya yang merupakan murid SMA. Mereka terjebak di kota yang sudah tidak dihuni lagi dan penuh dengan makhluk-makhluk supernatural.

Dalam game ini, pemain akan memainkan karakter Linda dan berusaha bertahan hidup di kota tersebut dengan menggunakan smartphone dan kamera SLR.

Baca juga: Sutradara Dreadout Akui Pikul Beban Kesuksesan Game yang Diadaptasinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.