Fakta-fakta Inneke dari Dijemput KPK hingga Batal "Meet and Greet" - Kompas.com

Fakta-fakta Inneke dari Dijemput KPK hingga Batal "Meet and Greet"

Kompas.com - 23/07/2018, 11:09 WIB
Artis Inneke Koesherawati dikerumuni wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Artis Inneke Koesherawati dikerumuni wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba muncul kabar artis peran Inneke Koesherawati diamankan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Sabtu (21/7/2018) dini hari.

Padahal yang publik tahu suami Inneke, Fahmi Darmawansyah, yang punya "hubungan" dengan lembaga antirasuah itu. Fahmi menjadi narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, karena kasus dugaan suap pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Sampai akhirnya KPK mengonfirmasi bahwa benar Inneke juga ikut diamankan setelah sang suami terkena operasi tangkap tangan di Lapas Sukamiskin karena diduga menyuap Kalapas, Wahid Husen.

Baca juga: Cerita Inneke Koesherawati Temani Suami Buka Puasa di Lapas

Selama berjam-jam, penyidik KPK memeriksa Inneke sebagai saksi berkait kasus tersebut. Berikut beberapa fakta Inneke diamankan KPK:

1. Dijemput di rumah

Inneke Koesherawati usai diperiksa KPK, Sabtu (21/7/2018).KOMPAS.com/Ihsanuddin Inneke Koesherawati usai diperiksa KPK, Sabtu (21/7/2018).
Meski sang suami ditangkap di lapas Sukamiskin, Inneke tak berada di sana saat itu. Ia baru dijemput oleh penyidik KPK di kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa saat setelah OTT.

"Sekitar pukul 00.30 WIB, KPK menuju kediaman IK, istri dari FD, di daerah Menteng. IK diamankan sekitar pukul 01.00 WIB," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarief dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu malam.

Ibu dua anak ini kemudian dibawa ke Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut sebagai saksi.

Baca juga: Diamankan dalam OTT Kalapas Sukamiskin, Inneke Koesherawati Berstatus Saksi

2. Pulang sambil menangis

Artis Inneke Koesherawati meninggalkan ruangan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.ANTARA FOTO/RIVAN AWAL LINGGA Artis Inneke Koesherawati meninggalkan ruangan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (21/7/2018). Inneke diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap atas pemberian fasilitas dan perizinan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat dengan tersangka Fahmi Darmawansyah.
Sekitar pukul 21.00, Inneke keluar dari Gedung KPK. Mengenakan kerudung abu-abu, terlihat pucat dengan mata sembab. Perempuan kelahiran 13 Desember 1975 Itu bersikap acuh ketika awak media melontarkan pertanyaan seputar pemeriksaannya dan penangkapan suaminya.

"Sudah ya, sudah ya," kata Inneke menghindar.

Dengan mata yang berkaca-kaca, ia terus berjalan ke mobil Toyota Alphard B 15 TW yang sudah menunggunya di halaman Gedung KPK.

Baca juga: Selesai Diperiksa, Inneke Koesherawati Tinggalkan KPK Sambil Menangis

3. Batal meet and greet

Artis peran Inneke Koesherawati saat diabadikan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).Dian Reinis Kumampung / KOMPAS.com Artis peran Inneke Koesherawati saat diabadikan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/6/2017).
Keesokan harinya, Inneke tak terlihat dalam acara meet and greet dan book signing bukunya yang berjudul Hi Darl di Supermal Karawaci, Tangerang, Minggu (22/7/2018).

Berdasarkan jadwal acara, ia seharusnya berbincang-bincang tentang buku tersebut bersama sahabatnya Marini Zumarnis pada pukul 14.00 hingga 16.00 WIB. Namun, sampai acara selesai, Inneke sama sekali tak terlihat di panggung.

Hanya tampak Marini yang menjawab beberapa pertanyaan pengunjung dan berbagi pengalaman hidupnya.

"Ya harusnya jadwalnya Inneke ada, tapi dia berhalangan hadir. Saya di sini sebagai sahabat, saya mendoakan yang terbaik untuk sahabat saya," kata Marini.

Baca juga: Belum Komunikasi, Marini Zumarnis Tak Tahu Kondisi Inneke Koesherawati

4. Nonton film

Fahmi Darmawansyah dan Inneke Koesherawati di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/3/2017).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Fahmi Darmawansyah dan Inneke Koesherawati di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/3/2017).
Sebelum dijemput KPK pada Sabtu dini hari, sehari sebelumnya tepatnya Jumat (20/7/2018) malam, Inneke dan Marini menyempatkan jalan-jalan bersama. Mereka menonton film "Mamma Mia! Here We Go Again" di bioskop.

Menurut Marini, saat itulah terakhir kali ia berkomunikasi dengan Inneke. Setelah kejadian dengan KPK, Marini belum mengontak sahabatnya itu lagi.

"Jujur saya belum tahu keadaan Inneke, jadi mohon doanya semua," ujar Marini Zumarnis, sahabat Inneke, dalam wawancara di Supermall Karawaci.

"Terakhir aku komunikasi dengan Inneke, hari Jumat habis nonton film Mamma Mia, saya masih komunikasi. Saya belum bisa hubungi Inneke," ujarnya.

Baca juga: Marini Zumarnis: Jangan Suudzon Dulu sama Inneke Koesherawati

5. Kabar yang mengejutkan

Marini Zumarnis saat diwawancarai usai peluncuran buku Inneke & Marinis Joirney Hi Darl di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).KOMPAS.com/IRA GITA Marini Zumarnis saat diwawancarai usai peluncuran buku Inneke & Marinis Joirney Hi Darl di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (26/10/2017).
Sebagai teman dekat Inneke, Marini mengaku terkejut mendengar kabar tentang Inneke. Ia tak menyangka sahabatnya itu terseret ke dalam kasus dugaan suap Fahmi.

"Ya mendengar berita itu saya juga kaget. Ngeliat juga saya kaget, sebagai sahabat saya kaget ya Allah," kata Marini.  

Ia pun meminta agar publik tak langsung berburuk sangka terhadap sahabatnya itu. Apalagi sekarang Inneke sudah pulang ke rumah.

"Kita tanya dulu cerita yang sebenarnya apa, terjadinya apa. Yang penting kita enggak boleh berburuk sangka kepada seseorang," kata Marini.

Baca juga: Marini Zumarnis Terkejut Inneke Koesherawati Juga Diamankan KPK

Kompas TV Lantas masih layakkah lapas sukamiskin dihuni oleh koruptor?


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X