Jadi Sinetron Legendaris, Berapakah Rating Si Doel Anak Sekolahan?

Kompas.com - 02/08/2018, 20:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penayangan perdana film Si Doel The Movie yang berlangsung pada Kamis (2/8/2018), membuat banyak orang bernostalgia akan kenangan dari tiap episode sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Sinetron yang tayang sejak 12 Maret 1994 ini mengantongi rating 8,1 berdasarkan penilaian dari situs web IMDb. Rating tersebut terbilang sangat tinggi untuk TV series lokal.

Total selama penayangannya sinetron Si Doel Anak Sekolahan sudah mengoleksi 162 episode dengan jumlah musim sebanyak tujuh. Jumlah ini terbilang cukup banyak untuk sinetron Indonesia, bahkan sampai saat ini.

Melihat ke belakang, film "Si Doel Anak Betawi" yang tayang pada 1972, juga tak kalah pamor. Film yang dibintangi Rano Karno dan Benyamin Sueb ini mendapat rating 7.6 berdasarkan penilaian IMDb.

Baca juga: Hari Pertama Tayang, Si Doel The Movie Diserbu Penonton

Karakter dari masing-masing tokoh pemeran dalam Si Doel Anak Sekolahan yang begitu kuat dan fenomenal membuat Klarijn Loven mengangkatnya sebagai tesis untuk Universitas Leiden, Belanda dengan judul "Si Doel and Beyond: Discourse on Indonesian Television in the 1990s".

Tesis tersebut akhirnya dijadikan sebuah buku dengan judul "Watching Si Doel: Television, Language, and Cultural Identity in Contemporary Indonesia" yang diterbitkan oleh KITLV Press pada tahun 2008.

Menurut Klarijn Loven dalam bukunya, penerimaan pemirsa yang begitu luas dikarenakan keunikan aspek kebahasaannya. Dalam buku tersebut juga mengungkapkan bahwa Si Doel Anak Sekolahan digandrungi tak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di kalangan tenaga kerja Indonesia.

Baca juga: Kisah Rano Karno dan Film Si Doel Anak Betawi 1973...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.