Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Dhani Jalani Sidang Ditemani El, Dul, dan Ratna Sarumpaet

Kompas.com - 13/08/2018, 15:32 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - El Rumi dan Dul Jaelani tampak berada di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Rupanya, mereka hendak menemani ayahnya, Ahmad Dhani, yang menjadi terdakwa kasus ujaran kebencian.

Hari ini, Dhani akan menjalani sidang lanjutan yang beragendakan keterangan dua saksi ahli yang dihadirkan oleh jaksa penuntut umum (JPU). Kedua saksi adalah ahli pidana dan ahli ITE.

"Hari ini pemeriksaan dua ahli dari JPU. Ahlinya pidana dan ITE," kata kuasa hukum Dhani, Ali Lubis.

Dhani tiba di PN Jakarta Selatan bersama El dan Dul pada pukul 14.45 WIB. Ia mengenakan jas hitam dengan blangkon yang selalu dikenakan selama menjalani sidang kasusnya.

Baca juga: Ahmad Dhani Menolak Disebut Memprovokasi oleh Saksi Ahli

Di belakang Dhani terlihat tim kuasa hukum yang dikomandoi oleh Hendarsam Marantoko. Terlihat pula dua anak Dhani, El Rumi dan Dul Jaelani, ikut hadir dalam persidangan.

Selain itu, ada juga aktivis Ratna Sarumpaet ikut menemani Dhani. Mereka semua langsung memasuki ruang utama.

Sambil menunggu sidang dimulai, Dhani bersama rombongan tampak masih berbincang santai bahkan berswafoto di ruang sidang sambil menunggu hakim dan jaksa tiba.

Sebelumnya, jaksa sudah menghadirkan para saksi pelapor dan fakta dalam persidangan. Mereka adalah Jack Lapian, Danick Danoko, Retno Hendri Astuti, Natalia Dwi Lestari, Togar Harahap, Syawal, Suryopratomo Bimo, Wardoyo, dan Memet Indrawan.

Baca juga: Saksi Ahli Sebut Twit Ahmad Dhani Memprovokasi

Selain itu, jaksa juga menghadirkan saksi Ahli Pidana dana Effendy Saragih dan saksi ahli ITE Digital Forensik Saji Purwanto.

Kasus ini bermula saat Dhani berkicau melalui akun Twitter @AHMADDHANIPRAST yang nadanya dianggap menghasut dan penuh kebencian terhadap pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Atas kicauannya, Dhani dilaporkan oleh Jack Lapian, yang merupakan pendiri BTP Networks atas tuduhan ujaran kebencian.

Baca juga: Ahmad Dhani Mengaku Tulis Satu Twit yang Mengandung Ujaran Kebencian

Dhani dianggap telah menuliskan pernyataan bersifat sarkastis pada akun Twitter-nya, @AHMADDHANIPRAST, dalam rentang waktu Februari hingga Maret 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com