Ario Bayu: Bahasa Jawa Itu Romantis - Kompas.com

Ario Bayu: Bahasa Jawa Itu Romantis

Kompas.com - 14/08/2018, 11:48 WIB
Ario Bayu saat hadiri pemutaran perdana film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu malam (12/8/2018).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Ario Bayu saat hadiri pemutaran perdana film Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu malam (12/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain dalam film Sultan Agung membuat aktor Ario Bayu belajar bahasa Jawa secara serius. Hal itu disebabkan oleh karakter Sultan Agung yang ia mainkan begitu lekat dengan dialek bahasa Jawa keraton yang halus.

Ario Bayu mengaku bersyukur diberi kesempatan untuk belajar budaya dan bahasa Jawa. Lewat hal itu ia mengungkapkan bahwa bahasa Jawa adalah bahasa yang romantis.

"Belajar bahasa Jawa sama kayak belajar bahasa istri gue (Perancis), bahasa Jawa tuh punya banyak makna, keren," ucap Ario Bayu ketika ditemui dalam pemutaran perdana film Sultan Agung, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu malam (12/8/2018).

"Arti romantis tuh punya layer (lapisan) yang lebih luas," tambah Ario Bayu.

Baca juga: Literatur Sejarah Sultan Agung Bikin Hanung Bramantyo Tertantang

Ario Bayu terkejut selama belajar bahasa Jawa untuk proses shooting. Menurut dia, banyak hal yang baru ia ketahui selama ini terkait bahasa Jawa.

"Ya iyalah, gue sebagai anak bangsa yang selama 12 tahun dibesarin di negeri orang, jadi kaget kalau ada hal-hal semacam ini di budaya negara asli gue (Indonesia)," ungkap Ario Bayu.

Lewat film ini Ario Bayu semakin semangat untuk mempelajari banyak hal tentang kebudayaan Indonesia yang begitu kaya.

Ario mengaku semangat yang dimiliki sosok Sultan Agung telah memberinya inspirasi untuk berkontribusi banyak terhadap Indonesia, salah satunya lewat budaya.



Close Ads X