Ario Bayu: Bahasa Jawa Itu Romantis

Kompas.com - 14/08/2018, 11:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bermain dalam film Sultan Agung membuat aktor Ario Bayu belajar bahasa Jawa secara serius. Hal itu disebabkan oleh karakter Sultan Agung yang ia mainkan begitu lekat dengan dialek bahasa Jawa keraton yang halus.

Ario Bayu mengaku bersyukur diberi kesempatan untuk belajar budaya dan bahasa Jawa. Lewat hal itu ia mengungkapkan bahwa bahasa Jawa adalah bahasa yang romantis.

"Belajar bahasa Jawa sama kayak belajar bahasa istri gue (Perancis), bahasa Jawa tuh punya banyak makna, keren," ucap Ario Bayu ketika ditemui dalam pemutaran perdana film Sultan Agung, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu malam (12/8/2018).

"Arti romantis tuh punya layer (lapisan) yang lebih luas," tambah Ario Bayu.

Baca juga: Literatur Sejarah Sultan Agung Bikin Hanung Bramantyo Tertantang

Ario Bayu terkejut selama belajar bahasa Jawa untuk proses shooting. Menurut dia, banyak hal yang baru ia ketahui selama ini terkait bahasa Jawa.

"Ya iyalah, gue sebagai anak bangsa yang selama 12 tahun dibesarin di negeri orang, jadi kaget kalau ada hal-hal semacam ini di budaya negara asli gue (Indonesia)," ungkap Ario Bayu.

Lewat film ini Ario Bayu semakin semangat untuk mempelajari banyak hal tentang kebudayaan Indonesia yang begitu kaya.

Ario mengaku semangat yang dimiliki sosok Sultan Agung telah memberinya inspirasi untuk berkontribusi banyak terhadap Indonesia, salah satunya lewat budaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.