Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dcode Live Sajikan Musik Lintas Genre dan Kolaborasi Penyanyi

Kompas.com - 14/08/2018, 14:36 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pergelaran DCode Live "Music With Attitude" yang dipromotori oleh Acteeve Indonesia digelar untuk kali pertama di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan, Sabtu (11/8/2018). Sederet lagu hits sepanjang masa disuguhkan dengan aransemen kekinian.

Tepat pukul 20.00 WIB, sebelum pintu gerbang The Pallas dibuka, para penikmat musik segera memasuki area pertunjukan. Di dalam area pertunjukan ini terlihat tata panggung dan lampu serta atmosfer yang berbeda.

Tak lama kemudian penampilan band pembuka yang kini digandrungi anak muda, yaitu Elephant Kind, menandai dimulainya DCode Live "Music With Attitude".

Elephant Kind yang dimotori Bam (vokal, gitar), Dewa (gitar, synth), Bayu (drum), dan Kevin (bas) membawakan beberapa nomor lagu andalan mereka, antara lain "Beat The Ordinary" dan "Oh Well".

Penampilan band yang satu ini cukup memukau dan mengajak para penonton langsung bergoyang seirama lewat musik bergenre visionary pop.

Setelah rehat sejenak, Bayu Risa sebagai penampil pertama dari jejeran artis DCode Live "Music With Attitude" malam itu, membawa suasana semakin hangat lewat tembang "Humble", "Dat Stick", "Percaya" dan "24'K", bernuansa soul dan R&B ala motown dengan gayanya yang energik.

Kemudian, Yura Yunita dengan lagu "Rindu Ini", "Inikah Cinta", "Harus Bahagia", dan "Show We Love", memberi suguhan yang berbeda dan memberikan kejutan.

Baca juga: Reza Rahadian: Kalau Kesal Saya Keluarkan ke Yura Yunita

Berselang dua menit penampilan Yura Yunita, penyanyi yang naik daun di ajang pencarian bakat berdarah Ambon-Austria-Manado, Monita Angelica Maharani Tahalea atau yang akrab disapa Momon, mencoba membungkus romantisme DCode Live.

Lewat tembang hits "Sinaran" yang dibawakan dengan irama sedikit blues, kemudian lagu "Memulai Kembali", dan "Untukku", yang medium beat, penampilan Monita cukup apik sehingga membuat penonton ikut berdendang bersama.

DCODE Live semakin berkelas dengan kehadiran si pelantun tembang "Malam Biru", Sandhy Sondoro, yang belum lama ini kembali menoreh prestasi di kancah internasional, dengan menyabet predikat Grand Prix Winner di ajang kompetisi International Music Festival White Night of St Petersburg, Rusia.

Selain lagu "Malam Biru", Sandhy membawakan lagu "Tak Pernah Padam", dan "I Feel it Coming", yang mengharu biru penonton.

Berikutnya, sosok penyanyi dan penulis lagu mungil kelahiran Jakarta, Cabrini Asteriska atau biasa dipanggil Ichyl, yang dikenal sejak dirinya bergabung dengan Barasuara sebagai backing vocal.

Baca juga: Asteriska Barasuara Rilis Album Solo Kedua

Dia mengajak penonton bermesraan saling mengikat janji seolah bagai sepasang kekasih, lewat lagu "Khayalan". Selanjutnya, "Warm On A Cold Night", "Khayalku", "The Night We Met", dan "In The End".

Ali Akbar sebagai music director DCode Live "Music With Attitude", memenuhi janjinya memberikan suguhan musik yang mengelaborasi ragam genre seperti pop, jazz, rock, blues, R&B, ditambah sentuhan elektronic dance music okeh DJ Cream dan Pon Your Tone with Dipha Barus, menjadi aransemen baru yang menarik.

Bahkan, dibeberapa nomor lagu menduetkan para penyanyi seperti Monita & Bayu Risa, Sandhy & Yura, dan bahkan keseluruhan penampil di lagu "In The Air Tonight" sebagai penutup.

Tercatat lebih dari 1.400 penonon bertandang di ajang musik progresif yang unik, spektakuler dan memberikan kejutan dari konsep lintas genre dan kolaborasi antar musisi di Indonesia.

DCode Live "Music With Attitude" yang digelar di The Pallas menjadi pergelaran perdana menuju acara selanjutnya di Yogyakarta (25 Agustus), Bandung (8 September), Bali (29 September), Surabaya (13 Oktober), Medan (3 November), dan kembali ke Jakarta (1 Desember).

"Konsep musik ini akan tetap sama di kota lainnya, termasuk equipment tata panggung, sound dan lighting. Mungkin, hanya ada beberapa penyesuaian sesuai venue yang ada di daerah nanti. Untuk line up artis penampil pun ada perubahan nantinya di setiap kota yang dituju, ada yang tetap ada pula yang baru. Termasuk, local heroes sebagai opening event ini," kata George Pane dari Acteeve Indonesia selaku promotor Dcode Live.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com