Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Rossa tentang Nyanyi Lipsync di Pembukaan Asian Games 2018

Kompas.com - 22/08/2018, 08:47 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi solo Sri Rossa Roslaina Handayani (39) atau Rossa menjelaskan alasan ia menyanyi secara lipsync pada upacara pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018).

Sebagai informasi, ketika itu Rossa membawakan lagu daerah "Manuk Dadali".

"Memang semuanya enggak live, semuanya pre-recorded. Sebulan sebelumnya kami sudah rekaman dulu di studio rekaman dipersiapkan supaya tidak ada masalah ketika hari H," katanya saat dihubungi via Whatsapp, Selasa (21/8/2018).

Rossa mengatakan bahwa panggung yang terlalu luas dan beberapa alasan lain menjadi pertimbangan para penyanyi harus menyanyi secara lipsync pada upacara pembukaan Asian Games 2018.

"Karena itu kan di stadion jadi enggak mungkin juga. Kami menghindari apa yang tidak diinginkan misalnya cuaca, misalnya tiba-tiba ada angin, ataupun hujan, mic mati, pengisi acaranya misalnya suaranya habis gitu-gitu," ucapnya.

"Karena itu kan peforma yang bakal dinantikan dan ditonton banyak negara bukan cuman Indonesia aja," imbuhnya.

Sebagai penyanyi, Rossa sendiri memahami alasan panitia meminta para penyanyi untuk tak menyanyi secara langsung.

"Ketika dikasih tahu itu lipsync tidak kecewa malahan, memang itu yang dibutuhkan," paparnya.

Pelantun "Terlalu Cinta" itu menyayangkan komentar negatif warganet tentang para penyanyi yang lipsync pada penampipan malam itu.

"Maka ketika masyarakat netizen yang mahabenar itu ngatain kenapa harus lipsync segala macam, mereka harus belajar lagi bahwa pertunjukan itu banyak yang harus dipikirkan, kalau live atau lipsync bukan suatu masalah," ungkapnya.

Seharusnya, kata Rossa, masyarakat memberikan apresiasinya karena panitia sudah berhasil menyelenggarakan malam pembukaan yang spektakuler.

"Dan harus diapresiasi bahwa ini suatu pekerjaan bukan satu orang tapi ribuan orang dilaksanakan dengan baik. Salut untuk panitia, Mas Wishnutama, Pak Erick Tohir dan untuk semua tim kreatif yang terlibat dalam acara dan semua pengisi acara aku salut banget sama-sama mewujudkan acara spektakuler," kata Rossa.

Baca juga: Usai Tampil di Pembukaan Asian Games 2018, Suara Rossa Habis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com