Mencari Gitaris Jempolan dalam Peavey Guitar Showdown 2018

Kompas.com - 27/08/2018, 13:58 WIB
Tohpati menjadi bintang tamu dalam kompetisi Peavey Guitar Showdown 2018 yang diadakan di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Sabtu (25/8/2018). Peavey IndonesiaTohpati menjadi bintang tamu dalam kompetisi Peavey Guitar Showdown 2018 yang diadakan di Summarecon Mal Serpong, Tangerang, Sabtu (25/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Peavey Indonesia menggelar kompetisi musik Peavey Guitar Showdown 2018. Ajang pencarian bakat gitaris yang digagas Peavey Indonesia ini bisa dibilang unik dan belum pernah ada kompetisi serupa di Indonesia.

Dalam kompetisi ini, para peserta melakukan guitar battle tanpa menggunakan backing tracks. Seperti pada babak awal pergelaran ini misalnya, peserta mendatangi titik-titik yang telah ditentukan dan di seluruh Indonesia untuk bermain gitar dengan ampli Peavey Vypyr selama 2 menit dan direkam video.

Kemudian video tersebut dikurasi oleh tim Juri untuk penentuan 20 peserta dengan skor tertinggi untuk melaju ke babak grand final. Sebagai penentuan juara di babak final, para finalis secara acak akan melakukan undian untuk mencari sparing partner mereka saat guitar battle atau trading lick.

"Menurut saya ini konsep yang unik dan menarik. Ini bagus, karena setiap kemampuan musikal peserta diuji langsung di atas panggung. Unsur spontanitasnya itu yang beda dari kompetisi yang lain," kata Tohpati dalam siaran pers yang dikirim Peavey Indonesia, Senin (27/8/2018).

Tohpati yang diundang sebagai bintang tamu Peavey Guitar Showdown 2018, menilai bahwa perkembangan musik instrumental di Indonesia, yang khususnya berorientasi pada gitar, saat ini sudah banyak melahirkan generasi baru.

"Saat ini banyak musisi baru bermunculan dengan berbagai karya yang bagus-bagus. Hal ini bagus," kata Tohpati.

Baca juga: Tohpati Tertantang Taklukan Duet Gitar dan Kendang

"Cuma yang kebanyakan mereka enggak pikirkan secara matang adalah bagaimana kelanjutannya? Di era sekarang berkarya musik itu mudah. Di kamar juga bisa. Tapi yang jadi persoalan adalah bagaimana setelah itu? Mau dibawa ke mana?," lanjutnya.

Ini adalah kali kedua Peavey Indonesia menggelar kompetisi serupa yang pernah diadakan pada 2016 lalu.

Bedanya, Peavey Guitar Showdown dua tahun lalu hanya diikuti para gitaris dengan instrumen gitar elektrik, kali ini Peavey Indonesia melakukan 'ekspansi' untuk para gitaris dengan gitar akustik dan pemain gitar bas agar bisa ikut berkompetisi.

"Bahkan bassist! Karena obejctive Peavey Vypyr VIP Series adalah ampli yang didesain untuk gitar elektrik, gitar akustik dan bass sekaligus," demikian Peavey Indonesia.

Adapun hadiah dari kompetisi Peavey Guitar Showdown 2018 ini cukup menarik. Juara Pertama bakal diganjar dengan ampli Peavey Vypyr VIP3 plus uang tunai sebesar Rp 3 juta, juara kedua mendapatkan Peavey Vypyr VIP2 plus uang tunai Rp 2 Juta dan juara ketiga akan diberi Peavey Vypyr VIP1 plus uang tunai RP 1 juta.

Tidak hanya itu, bagi peserta dengan like video YouTube terbanyak, akan mendapatkan ampli peavey VIP2 dan sebuah pedal efek.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X