Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia NAIF Bertahan Hampir Seperempat Abad

Kompas.com - 28/08/2018, 21:00 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Hampir seperempat abad grup band NAIF telah mengarungi belantika musik tanah air.

Grup band yang dihuni oleh David Bayu (Vokal), Amil Hussein (bass), Fajar Endra atau Jarwo (gitar), Franki Indrasmoro atau Pepeng (drum) itu mengungkapkan rahasia kekompakan mereka sejak berdiri pada 22 Oktober 1995 lalu.

"Selama hampir 23 tahun ini kami baru menyadari, bahwa sebetulnya esensi dari bermain band adalah bermain," kata Pepeng saat jumpa pers peluncuran klip video "Berubah" di Quibicle Center, Senopati, Jakarta Selatan, Selasa (28/8/2018).

Para personel NAIF menganggap bermusik sebagai sebuah arena bermain mereka. Hal itu pun terkandung dalam sebuah lagu yang kerap mereka nyanyikan di atas panggung.

Baca juga: NAIF Akhirnya Rilis Berubah Setelah Disimpan 15 Tahun

"Jadi jangan dibawa beban. Main band yo wis itu arena bermain kita. Apa aja kita bawaannya lebih ke becanda sih," ucap Pepeng

"Kayak ada satu lagu yang dibawain cuma di panggung doang, itu judulnya David Emil Pepeng dan Jarwo bermain bersama dalam satu band itu yang kayaknya musik kita jadiin arena bermain," sambungnya.

David menambahkan, kekompakan mereka sebagai sebuah band berjalan secara natural.

"Enggak ada niat untuk sampai 23 tahun atau 25 tahun. Selama nyambung ya berjalan aja. Kita band yang natural sih. Enggak dibikin-bikin," ujar David

" Ya ini semua natural banget. Menyanyi dan ngomong ya begini, Emil main bass juga karena dia suka, enggak ada paksaan," imbuhnya.

Baca juga: Ada David yang Lain di Klip Video Single Terbaru NAIF

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com