Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Kirim Buffalo Boys ke Seleksi Piala Oscar 2019

Kompas.com - 05/09/2018, 08:18 WIB
Ericssen,
Kistyarini

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Film drama aksi Buffalo Boys dipilih untuk mewakili Singapura untuk mengikuti seleksi Academy Awards (Oscar) untuk kategori film berbahasa asing.

Buffalo Boys merupakan kolaborasi kolektif Indonesia dan Singapura. Rumah produksi Indonesia diwakili Infinite Studio yang berlokasikan di Batam serta Singapura dan dipimpin Mike sendiri. Rumah produksi negeri Singa adalah Zhao Wei Films dan Bert Studio.

Sutradara Mike Wiluan, memberi sambutan pada acara pemutaran perdana Buffalo Boys di Bioskop Shaw Lido di kawasan Orchard, Singapura, Selasa (4/9/2018) malam.KOMPAS.com/ERICSSEN Sutradara Mike Wiluan, memberi sambutan pada acara pemutaran perdana Buffalo Boys di Bioskop Shaw Lido di kawasan Orchard, Singapura, Selasa (4/9/2018) malam.
"Buffalo Boys menyajikan tema yang universal, yakni tentang ikatan keluarga dan keadilan, yang diramu secara kreatif oleh seorang sutradara Singapura," kata Joachim Ng, Direktur Komisi Perfilman Singapura, seperti dilansir Variety, Selasa (4/9/2018).

Ditemui di Kompas.com di Singapura pada Selasa malam, sutradara Mike Wiluan mengatakan Buffalo Boys merupakan film hasil kolaborasi Indonesia dengan Singapura.

"Fifty-fifty. Indonesia dan Singapura masing-masing punya kesempatan mendaftarkan Buffalo Boys ke seleksi Oscar untuk film berbahasa asing terbaik," kata Mike Wiluan di Bioskop Shaw Lido, kawasan Orchard, Singapura.

"Akhirnya Singapura yang mengirimkannya. Ketentuan Academy Award hanya satu negara yang dapat menominasikan untuk kategori film asing terbaik," lanjut Mike.

Bagi Mike, dipilihnya film yang merupakan debutnya di kursi sutradara ini merupakan suatu kehormatan bersama bagi Indonesia dan Singapura.

Sutradara berusia 42 ini melanjutkan Buffalo Boys merupakan kolaborasi untuk menampilkan talenta-talenta kreatif terbaik, bukan hanya dari kedua negara melainkan juga dari Asia Tenggara.

Kisah koboi dari Jawa ini diputar perdana di sejumlah festival film internasional. Di antaranya adalah Fantasia Film Festival di Montreal, New York Asian Film Festival, Fantastisk Film Festival di Lund, Swedia dan L’absurde Séance Festival di Nantes, Prancis.

Buffalo Boys dibintangi antara lain oleh Pevita Pearce, Hannah Al Rasjid, Yoshi Sudarso, Tio Pakusadewo, Ario Bayu, Mikha Tambayong, Happy Salma, dan Daniel Adnan.

Baca juga: Upaya Balas Dendam Koboi Asal Jawa dalam Trailer Terbaru Buffalo Boys

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com