Lapor ke Polisi karena Serangan Seksual, Ban Min Jung Jadi Sasaran Gosip Jahat

Kompas.com - 14/09/2018, 12:08 WIB
Aktris asal Korea Selatan Ban Min Jung SoompiAktris asal Korea Selatan Ban Min Jung
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Aktris asal Korea Selatan Ban Min Jung mengatakan ia mengalami masa sulit setelah melapor ke polisi tentang serangan seksual yang dialaminya.

Ban Min Jung merupakan korban serangan seksual aktor Jo Deok Jae pada April 2015. Selama kasus itu bergulir di jalur hukum identitas Ban Min Jung tidak pernah diungkap.

Ban Min Jung mengungkap identitasnya di gerbang utama gedung Mahkamah Agung di Seoul pada Kamis (13/9/2018).

"Meskipun saya tak takut berbicara tentang kekerasan seksual, tindakan-tindakan Jo Deok Jae dan kawan-kawannya sangat serius," kata Ban Min Jung.

Ia mengaku kehilangan banyak hal setelah melaporkan kasusnya ke polisi. Ia sulit mendapatkan pekerjaan di film karena menjadi sasaran gosip jahat.

"Saya ditinggalkan orang. Kesehatan saya menurun, saya tidak bersemangat hidup, dan saya kehilangan semuanya," tutur aktris itu.

Serangan seksual itu terjadi saat mereka menjalani shooting sebuah film pada April 2015. Ban Min Jung melaporkannya pada Mei 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awalnya Jo Deok Jae dinyatakan bebas dari segala tuduhan di persidangan pertama pada Desember 2016.

Namun pada Oktober 2017, pengadilan memutuskan dia bersalah. Ia divonis 1 tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan. Ia juga wajib menjalani 40 jam program bagi pelaku kekerasan seksual.

Jo Deok Jae kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Pada Kamis (13/9/2018), lembaga peradilan tertinggi itu menyatakan menolak kasasinya dan menyatakan aktor itu harus menjalani hukumannya.

Halaman:


Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.