Marlina Akan Bersaing dengan 90 Film dalam Seleksi Best Foreign Language Oscar 2019

Kompas.com - 19/09/2018, 10:58 WIB
Salah satu adegan dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina The Murderer in Four Acts. Cinesurya PicturesSalah satu adegan dalam film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina The Murderer in Four Acts.

JAKARTA, KOMPAS.com - Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak karya sutradara Mouly Surya bersiap menuju proses seleksi nomine Best Foreign Language Film Academy Awards 2019.

Produser Marlina, Fauzan Zidni, memperkirakan ada 90 film yang akan diseleksi dalam kategori tersebut.

"Kita bersaing dengan kira-kira 90 film dari negara lain," ujar Fauzan kepada Kompas.com saat dihubungi via telepon, Rabu (19/9/2018).

Sementara ada sekitar 400 anggota penyeleksi untuk kategori Best Foreign Language Film Academy Awards ke-91. Untuk itu, lanjut Fauzan, pihaknya sedang merancang langkah selanjutnya agar ratusan orang itu bisa menyaksikan film Marlina.

"Itukan kami harus me-reach mereka kan, gimana supaya mereka nonton. Untuk mendapatkan perhatian 400 orang, sementara ada 90 pihak yang berusaha juga kan juga bukan perkara yang mudah," kata Fauzan.

"Kalau saya sebagai produser kami kan harus merencanakan kampanye kan. Teknisnya gimama saya juga enggak tahu. Kami baru merasain sekarang. Kami masih menunggu arahan dari distributor kami sama nanti baru direncanakan proses-prosesnya," imbuhnya.

Ia berharap rekam jejak film Marlina yang pernah tayang di jaringan bioskop Amerika awal 2018 bisa membantu "kampanye" tersebut. Marlina pernah tayang selama tiga pekan di New York, satu pekan di Los Angeles, dan satu pekan di Chicago.

"Itu cukup membantu sih. Coverage dari media dan review di Amerika juga lumayan banyak, tapi mesti diperbanyak lagi. Saat ini di Rotten Tomatos kami ada 35 review internasional. Terus isu filmnya, #metoo movement lagi gencar-gencarnya. Marlina kan bercerita tentang perjuangan perempuan, jadi ya semoga," ujar Fauzan.

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina the Murderer in Four Acts berkisah tentang seorang janda asal Sumba bernama Marlina (Marsha Timothy) yang memenggal kepala seorang perampok, Markus (Egi Fedly), yang menyatroni rumahnya.

Marlina kemudian membawa kepala si perampok dalam sebuah perjalanan ke kantor polisi.

Sebelum tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 16 November 2017, film Marlina sudah melanglang buana di berbagai festival film. Di antaranya Cannes dan Toronto International Film Festival 2017.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X