Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelenggaraan Festival Film Indonesia 2018 Akan "Pulang" ke Jakarta

Kompas.com - 01/10/2018, 22:16 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Indonesia  (FFI) akan kembali digelar. Berbeda dari 2017 yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, ajang penghargaan perfilman Tanah Air itu akan berlangsung di Jakarta Pusat pada tahun ini.

"Penyelenggaraan sendiri nanti kami akan adakan pada Desember. Tapi Desembernya tanggal berapa akan kami umumkan," kata Ketua Komite FFI 2018 - 2020, Lukman Sardi, di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Senin (1/10/2018).

"Tempatnya di Kakarta. Seperti dua tahun lalu, di teater besar Taman Ismail Marzuki," tambahnya.

Lukman mengatakan, kembalinya penyelenggaraan FFI ke Jakarta karena pihaknya melihat bahwa secara teknis dan industri, pelaku-pelaku perfilman sebagian besar berpusat di Jakarta.

Baca juga: Daftar Pemenang Piala Citra pada FFI 2017

"Bukan berarti daerah enggak penting, tapi secara teknis akan mempermudah (penyelenggaraan). Kalau kayak televisi, berapa yang harus dibawa kalau digelar di luar kota. Budget juga untuk bawa ratusan orang dari Jakarta ke luar. Jadi lebih ke sisi kepraktisan," ucap Lukman.

Namun, ia menegaskan bahwa meski Malam Anugerah FFI 2018 berlangsung di Jakarta, tak berarti daerah-daerah lain menjadi terlupakan.

"Daerah enggak lepas. Ada program yang akan berlangsung di daerah. Ada workshop, membawa pelaku perfilman ke sana, sehingga mereka di daerah juga merasakan perjalanan FFI," ujar Lukman.

Sebulan sebelum Malam Anugerah, tepatnya pada 6 November 2018, Komite FFI akan menggelar pengumuman nominasi yang terdiri dari 23 kategori.

"Penetapan nominasi dilaksanakan melalui rekomendasi asosiasi profesi dan komunitas," kata Lukman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com