Penulis Asli Tidak Senang Saat Trailer Live-action Aladdin Dirilis

Kompas.com - 14/10/2018, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak pendapat mengenai teaser trailer film live-action Aladdin. Salah satunya dari Terry Rossio, penulis cerita Aladdin (1992) versi animasi.

Bukannya memuji, Rossio justru mengungkapkan rasa tidak senang dan kekecewaannya terhadap Disney Studio sebagai rumah produksi berkait trailer Aladdin versi baru.

"Sangat aneh satu-satunya dialog yang diucapkan dalam teaser trailer Aladdin baru adalah rima saya dan rekan saya (Ted Elliot) tulis dan Disney sama sekali tak menawarkan kompensasi kepada kami," tulis Rossio dalam akun Twitter-nya, @TerryRossio.

"...(atau kepada para penulis skenario pada untuk film live-action Disney) bahkan tidak ada t-shirt atau kartu pass ke taman bermainnya," tambah Rossio.

Dialog yang ia permasalahkan adalah kalimat yang diucapkan oleh suara gemuruh yang memberi peringatan saat tokoh Aladdin memasuki The Cave of Wonders, tempat lampu ajaib berada. Dialognya berbunyi: "hanya satu yang bisa masuk ke sini ... intan yang kasar".

Rossio menjelaskan dalam twitnya, pada saat film animasinya dibuat, tidak ada yang memperkirakan bahwa film remake live-action bakal menjadi tren. Akibatnya, hal itu tak menjadi bagian dalam kontrak.

"Studio ini memiliki konten pada fitur animasi. Ketika film dibuat, tidak ada yang meramalkan remake live-action, jadi tak masuk dalam kontrak. Disney telah didekati berkali-kali untuk beberapa jenis biaya kompensasi (saya meminta izin Disney) tetapi mereka menjawab tidak, nihil," tulis Rossio.

Animasi Aladdin tayang perdana pada 1992. Rossio bersama Ted Elliot menjadi penulis naskahnya dan Ron Clements bersama John Musker duduk di kursi sutradara.

Film ini menghasilkan lebih dari 500 juta dolar AS pada masanya dan menjadi populer di kalangan penggemar film animasi Disney.

Sementara film live-action Aladdin yang akan tayang pada 24 Mei 2019, disutradarai oleh Guy Ritchie.

Aladdin diperankan olej Mena Massoud dengan Naomi Scott sebagai Putri Jasmine, Will Smith sebagai Genie, Marwan Kenzari sebagai Jafar, Navid Negahban sebagai Sultan, Nasim Pedrad sebagai Dalia, Billy Magnussen sebagai Pangeran Anders, dan Numan Acar sebagai Hakim.

Baca juga: Ini Penampilan Perdana Mena Massoud sebagai Aladdin

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Comicbook
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.