Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yovie Widianto Anggap Pemusik Indonesia Tak Harus ke Luar Negeri untuk Bisa Go International

Kompas.com - 16/10/2018, 08:03 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pianis dan pencipta lagu Yovie Widianto berpendapat bahwa saat ini seorang musikus tidak perlu jauh-jauh terbang ke luar negeri, khususnya ke Amerika Serikat, demi bisa dikenal secara internasional.

"Kita tidak harus pergi ke New York Times Square untuk membuat sesuatu. Yuk kita buat musik sebaik mungkin aja di sini (Indonesia)," ucap Yovie saat ditemui di CGV Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

Menurut dia, bahkan istilah "go international" mungkin sudah tak relevan atau sesuai lagi digunakan. Sebab, sekarang dunia sudah terbuka lebar apalagi dengan perkembangan internet dan teknologi.

Banyak karya musik lokal yang bisa mendunia hanya lewat dunia maya, tanpa pemusiknya membuat lagu atau merekam karyanya di luar negeri.

"Kalau orang berpikir go internasional, sekarang itu dunia sudah terbuka lebar. Bahkan, kita membuat video klip bebek-bebekan aja bisa viral, sedunia tahu," ucap Yovie.

Ia menilai seorang musikus fokus saja berkarya sebaik mungkin, menghasilkan musik yang jujur tanpa terbebani pikiran-pikiran apakah lagunya bakal dikenal seluruh dunia atau tidak.

"Nanti insya Allah ada juga kok yang didengarkan kalau musiknya baik dan di-support masyarakat, pasti akan jadi musik hebat. Jadi saya percaya diri kok Indonesia bakal jadi pusat musik, minimal se-Asia," kata pendiri grup musik Kahitna itu.

Baca juga: Yovie Widianto: Jika Ingin seperti Korea, Jangan Ubah Musik Indonesia dengan Bahasa Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com