Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep God Bless Bertahan hingga 45 Tahun

Kompas.com - 31/10/2018, 07:07 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Nama band rock God Bless masih diperhitungkan meski sudah 45 tahun mereka menapaki belantika musik Tanah Air. Gitaris God Bless, Ian Antono, mengatakan bahwa salah satu resep awet mereka adalah saling pengertian.

"Enggak ada resep khusus. Ya rukun, saling pengertian, enggak aneh-aneh, enggak banyak pikiran. Punya duit, enggak punya duit, sama aja he he he," ujar Ian saat ditemui di Telkomsel Landmark Tower, Jakarta Selatan, Senin (29/10/2018).

Soal stamina pun sama. Menurut Ian, dia dan kawan-kawan tak memiliki resep istimewa. Tak ada ramuan atau olahraga yang rutin agar mereka bisa tetap maksimal secara fisik saat beraksi di panggung.

"Bangun tidur ngepel he he he. Saya maunya setiap hari keringetan. Main gitar aja kan itu saya bisa keringetan," ujar Ian.

"Pasti diimbangi dengan pola makan dan tidur atau istirahat yang baik," timpal vokalisnya, Ahmad Albar.

Sebenarnya, menurut Ahmad dan Ian, God Bless bisa mencapai usia 45 tahun saja mereka tak menyangka. Mereka menganggap umur panjang God Bless tak terlepas dari anugerah Tuhan, sama dengan nama band itu

"He he he. Ini anugerah. Mungkin kaitannya dengan nama ya, God Bless. Rahmat dari Tuhan. Jadi kami di usia-usia ada yang mendekati 70, saya udah kepala tujuh. Tapi masih bisa tampil di panggung, masih exist," ujar Ahmad Albar

"Empat puluh lima tahun menurut kami itu karena anugerah Tuhan. Bingung juga, gila ya diem-diem, udah 45 tahun. Luar biasa. Kayak dia (Ahmad) masih bisa nyanyi, luar biasa," timpal Ian.

"Kalau jadi pegawai, kita udah pensiun nih ha ha ha," celetuk Ahmad Albar.

God Bless terbentuk pada 1973 dan sudah mengalami beberapa kali pergantian personel. Selama puluhan tahun, mereka sudah melahirkan tujuh album studio dan tiga album kompilasi.

Mereka juga menghasilkan banyak hits, di antaranya "Rumah Kita", "Semut Hitam", "Kehidupan", "Srigala Jalanan", dan "Damai".

Baca juga: Ahmad Albar cs Tak Mau Ada Regenerasi God Bless

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com