Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramon Y Tungka dan David J Schaap Sehari Jadi Wiraniaga dan Office Boy

Kompas.com - 06/11/2018, 12:43 WIB
Reni Susanti,
Ati Kamil

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com -- Artis-artis peran Ramon Y Tungka dan David J Schaap mendapat pekerjaan baru selama satu hari saja.

David menjadi office boy (OB) dan Ramon menjadi wiraniaga di sebuah toko perlengkapan kegiatan di alam di Bandung dalam rangka kegiatan Bajak Toko.

"Ada beberapa pekerjaan yang ditawarkan. Saya pilih jadi OB. Enggak tahu kenapa, biar beda aja," ujar David, yang bernama lengkap David John Schaap, kepada Kompas.com di toko Eiger Adventure, Bandung, Senin (5/11/2018) malam.

Baca juga: Ramon Y Tungka Bidik Pulau Buru

Selama menjadi OB, David J Schaap terlihat sangat bahagia menjalankan tugasnya, dari mengepel lantai yang basah terkena air hujan hingga melap etalase kaca.

Ia juga ikut menyapa para pengunjung yang datang. Hal itu membuat sejumlah pengunjung kaget dan mengajak David berswafoto atau live di akun media sosial.

"Ini bagus, bisa merasakan kerjaan orang lain seperti apa, lebih menghargai mereka. Ternyata, capek ya, tapi happy. Kalau senang dengan pekerjaan, pasti happy," tutur pembawa acara tersebut.

Baca juga: Ramon Y Tungka Wariskan Perpustakaan Mini Miliknya

Hal serupa dirasakan oleh Ramon Y Tungka, yang bertugas menjadi wiraniaga. Ia mendapat banyak pengalaman dan pelajaran bagaimana menghadapi dan melayani konsumen.

"Jadi wiraniaga, office boy, security, itu tidak gampang. Sekarang makin ngerti, costumer itu macam-macam, sehingga harus lebih sabar," ceritanya.

Selain harus sabar, wiraniaga harus memiliki banyak pengetahuan tentang produk yang dijualnya, sehingga bisa menyarankan produk yang cocok untuk konsumen.

Rupanya, Ramon juga merupakan pengguna produk yang dijualnya. Oleh karena itu, ia tahu banyak tentang produk tersebut.

"Saya kalau belanja detail banget. Apalagi untuk keperluan naik gunung, karena harus nyaman dan aman demi keselamatan. Makanya, senang kalau lihat costumer yang banyak nanya,” tuturnya.

Baca juga: Ramon Y Tungka Akan Buka Biro Perjalanan

Namun, tidak semua pekerjaan berjalan mulus. Ramon sempat kesulitan menggunakan handy talkie (HT).

"Saya minta barang ke gudang, kok enggak nyahut-nyahut. Ternyata, saya salah saluran,” ceritanya lalu tertawa terbahak.

David J Schaap dan Ramon Y Tungka merupakan dua dari enam brand ambassador yang mengikuti kegiatan Bajak Toko.

Para brand ambassador lainnya adalah pembaca acara Edi Brokoli, yang bertugas sebagai petugas keamanan, Abex (travel blogger) menjadi wiraniaga, Putri Handayani (seven summiter) menjadi kasir, dan Billy Djokosetio (fotografer) menjadi barista.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com