Marsha Aruan dan Rafael SM*SH Punya Cara Melestarikan Budaya Menari

Kompas.com - 11/11/2018, 21:25 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Artis muda Marsha Aruan dan Rafael SM*SH memiliki cara masing-masing dalam agar budaya Indonesia makin dicintai.

"Kita jangan lupakan asal kita dari mana. Kita kan ada di Indonesia. Apalagi indonesia kaya akan budaya maka tinggal dilestarikan saja," kata Marsha usai menjadi ikon dan instruktur Indonesia Menari 2018 di Solo, Minggu ( 11/11/2018).

Menurut Marsha, saat ini saatnya bagi pemuda mengenal budayanya sendiri. Sebab pemuda bisa mengenalkan budayanya ke seluruh dunia.

Sementara itu Rafael berpendapat diperlukan banyak kegiatan yang melibatkan anak muda untuk melestarikan budaya menari. Dengan demikian kecintaan akan tari tradisional tertanam sejak dini.

"Makin banyaknya event menari akan menjadikan anak-anak muda kreatif. Dengan demikian banyak anak-anak muda terjun ke dunia menari," demikian Rafael.

Rafael menambahkan media sosial juga bisa digunakan untuk melestarikan budaya, termasuk makanan tradisional.

"Saat ini anak muda banyak menggunakan media sosial untuk meng-upload kegiatan sehari-hari. Kalau upload di medsos maka bisa ditambahin seperti mem-posting makanan khas tradisional dari asalnya," ungkap Rafael.

Ia mencontohkan saat berada di luar Jakarta, ia selalu menanyakan makanan khas daerah yang dikunjunginya. Setelah mendapatkan, ia mencoba makanan khas daerah itu lalu mengunggahnya ke media sosial.

Bagi Rafael, langkah itu banyak membantu orang-orang mengenal daerah asal makanan khas itu dibuat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.