Saatnya Pianis Muda Beraksi dalam Year End Concert 2018 - Kompas.com

Saatnya Pianis Muda Beraksi dalam Year End Concert 2018

Kompas.com - 06/12/2018, 09:04 WIB
Life On Piano Music Center (LOP) mengadakan konser tahunan yang diberi nama Year End Concert 2018, yang diadakan di Balai Resital Kertanegara Jakarta, pada Minggu (2/12/2018) lalu.DOKUMENTASI PRIBADI Life On Piano Music Center (LOP) mengadakan konser tahunan yang diberi nama Year End Concert 2018, yang diadakan di Balai Resital Kertanegara Jakarta, pada Minggu (2/12/2018) lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Minggu (2/12/2018) lalu, Life On Piano Music Center (LOP) mengadakan konser tahunan yang diberi nama Year End Concert 2018, yang diadakan di Balai Resital Kertanegara, Jakarta.

Konser ini merupakan salah satu agenda dalam pelaksanaan kurikulum LOP yang mengutamakan permainan piano untuk segala usia.

"Konser dibagi menjadi tiga sesi pada hari itu, di mana pada sesi pertama dan kedua masing-masing menampilkan pianis-pianis cilik dan remaja yang menampilkan karya-karya dari album terbaru produksi LOP dan Levi Gunardi, pianis kebanggaan Indonesia yang sekaligus pendiri dari LOP sejak lima tahun yang lalu," tullis LOP dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (5/12/2018).

"Sedangkan sesi terakhir memang menjadi istimewa, karena Levi Gunardi sendirilah yang memberikan penampilan bersama dengan bintang-bintang pianis muda LOP, yang sudah mencetak prestasi di dalam dan di luar negeri pada tahun ini," sambungnya.

Baca juga: Pianis Irsa Destiwi Akan Tampil di Konferensi Jazz Internasional

Dalam pertunjukan ini terlihat bagaimana penonton yang sebagian besar adalah keluarga atau orangtua sangat antusias untuk menyaksikan acara yang berdurasi total sekitar satu setengah jam dengan masing-masing acara diisi oleh hampir 40 pianis muda yang mampu menguasai panggung secara profesional.

Dengan tata panggung resital Balai Resital Kertanegara yang terlihat megah, dilengkapi grand piano di tengah-tengah, membuat setiap penampil cilik mendapatkan pengalaman yang akan diingat dalam hidupnya.

Levi Gunardi mengatakan bahwa para siswa-siswi yang tampil, seluruhnya adalah siswa-siswi terpilih yang sudah melalui proses evaluasi melalui konser-konser reguler yang kerap diadakan oleh LOP sendiri.

"Mereka dilatih secara profesional oleh guru-guru yang berpengalaman agar dapat mempresentasikan diri melalui permainan mereka di atas panggung dengan baik," katanya.

Menurut Levi, dalam dunia seni permainan piano , selain kedisiplinan dan musikalitas yang baik, faktor kesiapan mental menjadi bagian penting dalam pengembangan seseorang menjadi musisi yang baik yang harus dilatih sejak usia dini.

Kesuksesan LOP dalam lima tahun terakhir pun telah menjadikannya sebagai sebuah institusi pendidikan piano yang banyak dipercaya masyarakat Jakarta dan juga di luar Jakarta (Pekanbaru, yang merupakan cabang ke-5 LOP pada tahun ini). 



Close Ads X