Buku Sketsa Kostum "Star Wars" Dilelang, Dibuka Seharga Rp 1,8 Miliar

Kompas.com - 07/12/2018, 20:44 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah buku sketsa yang berisi desain kostum Star Wars akan dilelang di rumah lelang Bonhams, Inggris. Harga awal untuk membuka lelang terbilang mengejutkan, yaitu 100.000 poundsterling atau sekitar Rp 1,85 miliar.

Dilansir dari Reuters, dalam buku sketsa ini tersimpan beberapa desain kostum awal dari karakter film fiksi yang memiliki banyak penggemar itu. Karakter itu seperti Darth Vader, Luke Skywalker, Putri Leia, Stormtrooper, dan lainnya.

Adapun sketsa kostum ini digambar oleh perancang kostum kawakan, John Mollo.

Berkat larisnya film Star Wars: A New Hope pada 1977, Mollo dinobatkan menjadi pemenang Oscar untuk kategori desain kostum terbaik pada Academy Awards 1978.

"Hal seperti ini sangat jarang terjadi di acara pelelangan," ujar salah satu pihak dari rumah lelang Bonhams, Katherine Schofield kepada Reuters pada Kamis (6/12/2018).

"Untuk memiliki sesuatu sebesar ini, dari skala ini, dari harta seseorang yang bekerja di film dan sangat penting untuk film yang ia menangkan di Academy Award (1978), benar-benar menarik," ucap Schofield.

Baca juga: Mengenal Dua Mesin Tempur Terbaru dalam "Star Wars: The Last Jedi"

Barang-barang dari film Star Wars selama ini terbukti sangat populer jika ada di acara pelelangan.

Pada 2017, alat peraga dan kostum karakter Droid R2-D2 lengkap dijual seharga 2,76 juta poundsterling atau sekitar Rp 49 miliar.

Satu dari empat

Adapun buku sketsa itu adalah salah satu dari empat buku milik keluarga Mollo yang disiapkan untuk dilelang setelah kematian John Mollo pada 25 Oktober 2017.

Selain itu, ada juga buku sketsa berisi desain dari film Star Wars (1977), Alien (1979), dan The Empire Strikes Back (1980) yang diharapkan dapat terjual lebih dari 80.000 poundstreling atau sekitar Rp 1,478 miliar.

Dua buku lainnya menampilkan desain untuk karya-karya Mollo, seperti desain dalam film Gandhi yang menang Piala Oscar (1983) bersama perancang busana, Bhanu Athaiya.

Harapannya buku ini dapat terjual seharga 20.000 poundsterling atau sekitar Rp 369,6 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.