Joko Anwar Prediksi Film Horor Masih Mendominasi di Tahun 2019

Kompas.com - 11/12/2018, 19:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Joko Anwar memprediksi film bergenre horor masih akan mendominasi industri perfilman Indonesia pada 2019.

"Kalau horor banyak tahun ini ada 40 judul. Tahun depan lebih banyak dong, sepertiga film yang beredar tahun depan adalah film horor," ujar Joko saat pada peluncuran trailer film Orang Kaya Baru di CGV FX Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Joko menganggap wajar dominasi film horor, tetapi ia berharap ada peningkatan kualitas.

"Sehat kalau bagus, kalau jelek mampus. Tapi tahun ini ada yang bagus-bagus loh, Kafir, Sebelum Iblis Menjemput, banyak loh tahun ini," ucap Joko.

"Aku berpikir film itu industri kita akan sehat kalau yang bagus itu paling tidak sepertiga dari film yang beredar. Tahun ini kayaknya kurang dari 10 persen deh yang bagus," imbuh Joko.

Joko berpendapat bahwa bila tidak diimbangi dengan perbaikan kualitas, lambat laun film Indonesia akan ditinggalkan penonton.

"Secara ekosistem semakin baik, tapi kalau kita misalnya bikin film, laku bukan karena filmnya bagus itu nanti kita bahaya," ungkapnya.

Ia memberi contoh yang terjadi di Thailand. Ketika sebuah film berkualitas dan sukses di pasaran, banyak yang mengekor tetapi dengan kualitas rendah.

"Baru-baru ini Thailand, filmnya ada yang bagus The Eye, apa segala macam. Terus semua bikin, bikin, jelek, jelek, jelek. Ditinggalin sama penontonnya, bubar. Makanya Indonesia enggak boleh gitu," lanjut Joko Anwar.

Baca juga: Orang Kaya Baru Kisahkan Masa Kecil Joko Anwar yang Hidup Sederhana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.