Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Asal Jepang, Koji Fukada, Belajar Banyak dari Industri Film Indonesia

Kompas.com - 18/12/2018, 12:42 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara asal Jepang, Koji Fukada, mengaku banyak belajar tentang pola kerja di industri film Indonesia ketika menggarap film berjudul Laut (The Man from the Sea).

"Biasanya shooting di luar negeri kami bawa kru dari Jepang. Untuk film ini jadi pengalaman yang berbeda, kami juga belajar tentang cara kerja di Indonesia," ujar Koji dalam jumpa pers di CGV Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (17/12/2018).

Koji mengaku amat terbantu dengan adanya kru dari Indonesia. Rumah produksi asal Jepang, Nikkatsu, bekerja sama dengan rumah produksi asal Indonesia, Kaninga Pictures, serta Comme Des Cinemas (Prancis) untuk menggarap proyek film ini.

"Ini karya keenam saya. Pengalaman shooting ini paling terasa nyaman dan tenang. Saya kira, teman-teman dan staf menjadi lebih baik di tempat kerja," kata dia.

Film ini menceritakan tentang seorang pria misterius (Dean Fujioka) yang ditemukan terdampar di pesisir pantai sekitar Banda Aceh. Ia kemudian diberi nama Laut oleh orang-orang yang menemukannya.

Laut kemudian melakukan berbagai keajaiban hingga berujung pada sebuah insiden yang kemudian membuat orang-orang curiga padanya.

Ide cerita berawal dari kunjungan Koji ke Banda Aceh pada 2011 lalu dalam rangka simposium bertema Joint Disaster Recovery. Jepang dan Aceh ketika itu sama-sama pernah dihantam tsunami.

Selain bintang-bintang dari Jepang, film bergenre drama-fantasi ini menggandeng aktor Adipati Dolken dan bintang film Siti bernama Sekar Sari.

Film ini akan tayang di bioskop Indonesia pada Januari 2019. Sebelumnya, film itu dirilis terlebih dahulu di Jepang pada Mei 2018.

Baca juga: The Man from the Sea, Drama-Fantasi Berlatar Tsunami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com