Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembaran Ifan Seventeen Dapat Firasat 15 Menit Sebelum Tsunami Banten Terjadi

Kompas.com - 27/12/2018, 10:19 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Saudara kembar Ifan "Seventeen", Riedhan Fajarsyah, mengaku mendapat firasat sesaat sebelum gelombang tsunami Banten terjadi pada Sabtu (22/12/2018).

Riedhan menjadi salah satu korban selamat dalam peristiwa tersebut. Saat itu ia menjadi salah satu anggota keluarga yang menemani Ifan tampil bersama Seventeen di Tanjung Lesung Beach Resort.

"Saya buka (aplikasi) Waze, saya lihat itu saya di ujung pulau, di atasnya ada tulisan Selat Sunda. Saya sempat terpikir 'Oh, kalau tsunami, berarti tsunami Selat Sunda," ungkap Riedhan saat ditemui di acara tahlilan para personel Seventeen yang menjadi korban tsunami yang digelar di Kompleks perumahan DPR RI, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/12/2018).

Riedhan mengatakan bahwa ia tak tahu kenapa tiba-tiba ingin membuka aplikasi peta untuk mencari tahu di mana posisinya berada sesaat sebelum peristiwa terjadi.

"Jadi ini wallahu a’lam, jadi enggak ngerti juga pas 15 menit sebelum Seventeen manggung waktu itu posisi (saya dekat) Aa Argo (Jimmy) sama Ade (Jigo)," ungkap Riedhan.

"Saya sempat buka HP, saya buka Waze karena saya kan kalau ke mana-mana selalu lihat Waze pengin tahu posisi saya di mana sih," sambungnya.

Riedhan menambahkan bahwa sebelum tsunami terjadi, entah mengapa pikiran tentang bencana tsunami merasuki pikirannya saat melihat lokasinya di peta. Ia bahkan sampai membayangkan cara menyelamatkan diri dan keluarga andai saja bencana tersebut benar terjadi.

"Pikiran saya waktu itu saya ngelihat ke laut, kalau ada tsunami terus saya ngelihat ke belakang, anak saya gendong, istri saya pegang, saya lari ke jalur sini, sini, sini," tutur Riedhan.

"Tapi habis itu itu saya mikir Ifan gimana, Dylan gimana, adik-adik gua sama anaknya gimana. Enggak lama, saya langsung ditegur sama istri saya gara-gara melamun. 15 menit habis (ditegur) itu, baru kejadian," sambungnya.

Baca juga: Rekan Musisi Hadiri Tahlilan Para Personel Seventeen

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com