Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berawal dari Sakit Punggung, Dian Pramana Poetra Didiagnosis Idap Kanker Darah Stadium 4

Kompas.com - 27/12/2018, 12:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kabar mengejutkan datang dari musikus Dian Pramana Poetra. Musikus berusia 57 tahun itu didiagnosis mengidap kanker darah atau leukimia.

"Kemarin itu katanya kanker darah stadium empat," kata rekannya, penyanyi Deddy Dhukun, kepada Kompas.com via telepon, Kamis (27/12/2018).

"Tapi kepastiannya hari ini. Begitu HB-nya (hemoglobin) naik, dicek darah lagi, baru ketahuan pastinya apa penyakitnya. Masih diagnosa sementara," tambahnya.

Deddy menceritakan bahwa awalnya Dian tiba-tiba mengeluh badannya lemas dan sakit pada punggung serta perutnya pada Jumat (21/12/2018).

Saat itu Dian dan Deddy sedang berada di bandara bersiap berangkat ke Banyuwangi, Jawa Timur, untuk tampil dalam acara ulang tahun kabupaten itu.

"Paling sakit itu di punggung sama perut. Jadi punggung kalau digerakin sakit, enggak bisa bergerak. Minta digosokin punggungnya. Sama agak nyesek (sesak napas)," ucap Deddy.

Musikus Dian Pramana Putra dirawat di RS Hermina Jatinegara, Jakarta Timur, setelah didiagnosa mengidap kanker darah stadium empat.Dokumentasi Pribadi Musikus Dian Pramana Putra dirawat di RS Hermina Jatinegara, Jakarta Timur, setelah didiagnosa mengidap kanker darah stadium empat.

Setelah pulang dari Banyuwangi, keluarga membawa Dian memeriksakan diri ke rumah sakit. Hasilnya, dokter memberikan diagnosis sementara bahwa Dian mengidap leukimia.

Menurut Deddy, saat itu kali pertama mereka tahu penyakit Dian.

"Baru kemarin tahu (penyakitnya). Karena dia paling malas ke dokter kan, enggak mau ke dokter. Alasannya itu nanti kayak Om Dodo dirawat langsung meninggal. Itu takutnya dia tuh," ujar Deddy.

"Karena enggak pernah periksa, mungkin dalam kondisi lemah, HB empat, kankernya muncul. Tapi, udah stadium empat," tambahnya.

Saat ini, lanjutnya, Dian dirawat di ruang ICU RS Hermina Jatinegara, Jakarta Timur. Setelah sebelumnya ditangani di ruang gawat darurat.

"Tapi dibilangnya masih prediksi dokter, prediksi sementara. Mudah-mudahan enggak ada penyakit kanker. Masih ada pemeriksaan lanjutan," ujar Deddy.

Baca juga: Bernostalgia Bersama Dian Pramana Putra di Kaki Ijen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+