Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Steve Emmanuel Gunakan Kokain untuk Bangun Kepercayaan Diri

Kompas.com - 27/12/2018, 16:42 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Irfan Maullana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan bahwa tersangka Steve Emmanuel menggunakan kokain untuk membangkitkan kepercayaan diri.

"Menurut pengakuan tersangka untuk percaya diri aja dia menggunakan itu. Percaya diri ya," ujar Argo dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (27/12/2018).

Sejauh pengakuannya kepada penyidik kepolisian, kata Argo, Steve menggunakan kokain baru sekali saja sejak dibeli dari Belanda pada 11 September 2018.

"Dia gunakan sekali menurut keterangan tersangka, itu sementara. Hanya kokain saja," kata Argo.

Baca juga: Steve Emmanuel Beli Kokain di Belanda karena Rasanya Lebih Enak

Namun demikian dari penuturan Steve, kata Argo, tersangka mengaku sudah mengonsumsi narkoba sejak 2008. Argo mengatakan bahwa tim kepolisian masih akan mengembangkan kasus ini lantaran Steve membeli kokain dari sindikat narkotika internasional.

Sementara itu, Steve yang dihadirkan dalam jumpa pers tersebut mengungkapkan rasa penyesalannya setelah diciduk polisi.

"Intinya buat terman-teman jangan meniru saya. Saya menyesal dan tidak akan mengulangi lagi," ujar Steve yang mengenakan baju tahanan berwarna hijau dengan wajahnya yang ditutupi masker.

Adapun Steve membawa kokain seberat 100 gram itu dalam klip plastik besar. Selama perjalanan dari Belanda ke Indonesia, kokain tersebut Steve lilit dengan baju dan ditaruh di koper.

Steve ditangkap polisi di apartemen miliknya di Kondominium Kintamani A/17/6, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Jumat (21/12/2018) malam.

Selain mengamankan kokain, polisi juga menyita barang bukti lain berupa sebuah botol kaca tempat menyimpan kokain dan sebuah alat hisap.

Akibat perbuatannya, Steve dijerat polisi dengan Pasal 114 Ayat 2 Sub 112 Ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman lima tahun penjara atau seumur hidup atau mati.

Baca juga: Miliki 92,04 Gram Kokain, Steve Emmanuel Terancam Hukuman Mati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com