Epy Kusnandar Dekati Preman demi Muslihat

Kompas.com - 11/01/2019, 05:53 WIB
Artis peran Epy Kusnandar dalam gala premiere film Preman Pensiun di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis peran Epy Kusnandar dalam gala premiere film Preman Pensiun di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (10/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Epy Kusnandar berbagi kisah tentang bagaimana ia kembali diminta memerankan tokoh Muslihat dalam film Preman Pensiun.

Karakter ini masih sama dengan Muslihat dalan fil seri Preman Pensiun yang ia perankan tiga tahun lalu

"Kalau itu setahun lalu, 16 Januari dipanggil Kang Aris Nugraha (sutradara Preman Pensiun). Dikumpulin sembilan orang, pas dikumpulin saya ditunjuk jadi Muslihat lagi," ujar Epy dalam wawancara khusus di XXI Epicentrum, Jakarta Pusat, Kamis (10/1/2019).

Untuk membangkitkan kembali karakter Muslihat, Epy pun melakukan beberapa observasi, termasuk mengunjungi para preman asli di Bandung, Jawa Barat, untuk lebih mendalami peran.

"Mereka (preman asli) merangkul, memeluk saya erat-erat, jadi nawarin ada kopi dan lain-lain di markas mereka. Ya mereka enggak sadar saya lagi observasi. Saya meleburkan diri saja," paparnya.

"Akhirnya karena mereka juga senang melihat kita, jadi enggak terlalu sulit. Saya tidur bareng dan ngobrol sama mereka soal keluh kesah mereka," lanjut Epy.

Namun hal pertama yang ia lakukan untuk peran Muslihat adalah mengunjungi tempat-tempat yang pernah dijadikan lokasi shooting film seri Preman Pensiun.

"Dimulai napak tilas ke lokasi set yang pernah dipakai di serial. Ke rumah Kang Bahar (almarhum Didi Petet), di terasnya cuman duduk mengenang kembali. Tapi dari situ teringat shooting, ya mengulang memori yang pernah terjadi," kata Epy.

"Ke markas besar sambil main, itu sudah dimulai script yang sudah tertulis. Teringat sama Kang Bahar lagi ya pas di Bandung. Ya tercium lagi aroma Bandung. Kami lagi menjajaki kembali untuk ngedalemin karakter yang hampir terlupakan," imbuhnya.

Film Preman Pensiun masih mengusung genre komedi situasi seperti serialnya. Lelucon-lelucon ringan yang dilontarkan para mantan preman seperti duo Pipit (Ica Naga) dan Murad (Deny Firdaus), atau Ujang (M Fajar Hidayatullah) berhasil membuat penonton terpingkal.

Film yang disutradarai oleh Aris Nugraha, ini juga berhasil membangkitkan kenangan karakter Bahar yang diperankan oleh Didi Petet yang wejangannya selalu diingat oleh anak buahnya.

Selain dibintangi oleh Epy Kusnandar, film Preman Pensiun juga dibintangi oleh Tya Arifin, Soraya Rasyid, dan Vina Ferina.

Baca juga: Preman Pensiun Kembali dengan Format Layar Lebar



Close Ads X