Sahabat Sebut Robby Tumewu Sudah Tak Mau Dibawa ke Rumah Sakit

Kompas.com - 14/01/2019, 17:16 WIB
Robby TumewuWARTA KOTA Robby Tumewu

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar duka datang dari dunia seni peran Indonesia. Salah satu aktor kawakan sekaligus desainer Robby Tumewu meninggal dunia dalam usia 65 tahun hari ini, Senin (14/1/2019).

Menurut sahabat dekat Robby sesama desainer, Carmanita yang juga merupakan pendiri Yayasan Batik Indonesia mengatakan bahwa setelah mengalami stroke cukup lama, Robby sudah tak mau lagi dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

"(Robby meninggal) di rumah, jadi Mas Robby itu sudah enggak mau dibawa ke rumah sakit, kita lihat kondisi fisiknya setahun belakangan yang makin parah dan enggak ada respons lagi," ucap Carmanita saat ditemui di rumah duka tempat jenazah Robby disemayamkan di Rumah Duka Oasis Lestari, Jatake, Bitung, Tangerang, Banten, Senin (14/1/2019).

Carmanita mengatakan, sudah sejak setahun terakhir Robby menjalani perawatan infeksi paru di rumahnya sendiri karena kondisi yang sudah tak memungkinkan untuk bepergian.

"Itu Mbak Sri (asisten pribadi Robby) 24 jam urus Mas Robby sudah tahu banget kondisi Mas Robby kapan mesti di sonde paru-parunya, slam dikeluarkan, dan itu yang terjadi tadi malam (sebelum meninggal)," ucap Carmanita.

Baca juga: Kerabat Mulai Berdatangan ke Rumah Duka Robby Tumewu

 

Desainer batik Carmanita yang merupakan sahabat Robby Tumewu saat ditemui di rumah duka tempat jenazah Robby disemayamkan di Rumah Duka Oasis Lestari, Jatake, Bitung, Tangerang, Banten, Senin (14/1/2019)KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Desainer batik Carmanita yang merupakan sahabat Robby Tumewu saat ditemui di rumah duka tempat jenazah Robby disemayamkan di Rumah Duka Oasis Lestari, Jatake, Bitung, Tangerang, Banten, Senin (14/1/2019)

Carmanita menambahkan bahwa kenangan paling ia ingat bersama Robby adalah ketika artis yang terkenal lewat Lenong Rumpi ini turut serta dalam pergelaran acara fashion.

Saat itu, kata Carmanita, ia mengaku salut dengan Robby karena tetap bisa terlibat meski baru saja menjalani operasi di kepala akibat stroke yang ia derita sejak delapan tahun lalu.

"Kenangan paling menyenangkan pas Robby recovery (pemulihan) dari operasi (tahun) 2012, itu masih ikut Jakarta Fashion Week (JFW) sama kita dari Ikatan Perancang Mode Indonesia," ucap Carmanita.

"Nah di situ kita memang tribute buat Robby saat show di JFW tahun 2012. Dia pakai kursi roda dan itu menyenangkan buat dia karena eksistensi dia paling enggak di fashion masih (ada) ya.. Robby enggak bisa berhenti berkarya ya sebagai artis sekaligus fashion designer," sambungnya.




Close Ads X