Peduli Sastra Indonesia, Happy Salma Ditunjuk Jadi Duta Balai Pustaka

Kompas.com - 20/01/2019, 21:00 WIB
Happy Salma ditemui dalam jumpa pers pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi karya Amir Hamzah di Kafe Sastra Balai Pustaka, kawasan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAHappy Salma ditemui dalam jumpa pers pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi karya Amir Hamzah di Kafe Sastra Balai Pustaka, kawasan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).
|
Editor Ati Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Happy Salma (39) ditunjuk sebagai Duta Balai Pustaka. Penunjukan itu dilakukan karena Happy dinilai aktif mengenalkan sastra Indonesia ke berbagai alih wahana.

Balai Pustaka merupakan perusahaan penerbitan dan percetakan negara yang berdiri pada 14 September 1908.

Baca juga: Alasan Happy Salma Pilih Lukman Sardi Perankan Amir Hamzah dalam Nyanyi Sunyi Revolusi

"Beliau (pihak Balai Pustaka) bilang katanya butuh duta, 'Kayaknya Mbak Happy cocok (jadi duta), bisa menyebarkan semangat apresiasi sastra Indonesia," ucap Happy ketika hadir dalam  jumpa pers pertunjukan teater Nyanyi Sunyi Revolusi karya Amir Hamzah di Kafe Sastra Balai Pustaka, kawasan Matraman, Jakarta Timur, Minggu (20/1/2019).

Atas penunjukan tersebut, Happy Salma mengaku senang dan mengatakan bahwa tanpa dijadikan seorang duta pun ia akan senantiasa mengenalkan sastra Indonesia kepada khalayak luas.

"Ya, saya bilang, 'Pak itu mah enggak usah didutain. Dari bertahun-tahun lalu juga itu yang saya lakukan,' Ya, memang ada atau tidak ada duta pun ini (mengenalkan sastra) yang saya kerjakan," tuturnya.

Baca juga: Dua Bulan Setelah Melahirkan, Happy Salma Kembali Berkarya di Panggung Teater

Happy mengatakan bahwa ia telah memiliki sejumlah program berkait dengan perannya sebagai Duta Balai Pustaka.

"Ke depan kami mau buat pertunjukan yang bisa diakses banyak orang. Balai Pustaka kan bagian dari BUMN ya, penginnya banyak BUMN yang support kegiatan sastra," ujarnya.

"Kita diskusi ringan sambil apresiasi Balai Pustaka. Membagi tiket untuk pengunjung dan peserta diskusi ini. Kan kayak gini banyak ruang publik yang bisa dimanfaatkan," sambungnya.

Baca juga: Meski Kantongi Izin Bekerja dari Suami, Happy Salma Tetap Batasi Diri

Happy Salma mengatakan pula tak memiliki beban sama sekali dalam menjalankan tugas barunya tersebut.

"Jalanin saja. Saya enggak jadi duta, saya mendutakan diri, karena memang saya cinta sastra Indonesia," ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X