Opie Kumis Keluarkan Rp 2 Juta per Bulan untuk Perawatan 150 Burung Peliharannya

Kompas.com - 22/01/2019, 15:11 WIB
Opie Kumis berpose di Gedung Trans, Mampang Praparan, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanOpie Kumis berpose di Gedung Trans, Mampang Praparan, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis komedi Opie Kumis sedang mengandrungi hobi memelihara burung hias. Ada 150 burung berbagai jenis yang Opie pelihara di halaman rumahnya.

"Ada 150 burung di saung, ada love bird, dan lain-lain juga," kata Opie saat dijumpai di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (22/1/2019).

Ketertarikan Opie terhadap burung sudah dimulai sejak lima tahun lalu. Saat itu, Opie diajak oleh anaknya yang akan mengikuti lomba burung hias.

Baca juga: Usia Hampir 60 Tahun, Opie Kumis Punya Kiat Awet Muda

Berangkat dari hal tersebut, Opie mengaku mulai menyukai burung hias. Ia pun membeli sepasang burung cucak ijo yang menjadi burung hias pertamanya.

"Namanya Si Jamblang. Gua beli dulu Rp 1,5 juta, sekarang malah ditawar Rp 12 juta. Itu piala-piala di rumah banyak yang menangin Si Jamblang," kata Opie.

Burung-burung jenis lain kemudian dikoleksi oleh Opie dengan cara diternak. Ia merawatnya burung-burung tersebut di sebuah saung dekat rumahnya. Opie mengaku sampai harus mempekerjakan orang untuk merawat burung-burung peliharaannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk pelihara, sebulan Rp 2 jutaan lah untuk burungnya. Gua cuma kontrol sama hobi, yang rawat ada orang. Gua happy aja pelihara burung, untuk mengisi masa tua," ujar Opie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.