Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutradara Peter Jackson Umumkan Pembuatan Film Dokumentar The Beatles

Kompas.com - 31/01/2019, 20:20 WIB
Ati Kamil

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com -- Sutradara Peter Jackson mengumumkan pada Kamis (31/1/2019) waktu New York, AS, bahwa ia sedang menyiapkan film dokumenter tentang pembuatan album The Beatles Let It Be 50 tahun yang lalu.

Baca juga: Demi Hak Cipta, The Beatles Akan Rilis 59 Hasil Rekaman
 
Sutradara Selandia Baru yang membuat film-film terkenal The Lord of The Rings itu mengatakan bahwa film The Beatles tersebut akan disusun berdasarkan rekaman film sepanjang 55 jam yang belum pernah dirilis dan 140 jam rekaman audio, ketika keempat pemusik itu menyusun dan merekam lagu-lagu mereka.

Kata Jackson, film tersebut nantinya akan menunjukkan proses kreatif dan interaksi mereka di dalam studio, suatu hal yang pasti ditunggu-tunggu oleh para penggemar The Beatles.

Baca juga: Ringo Starr The Beatles Dapat Gelar Kehormatan dari Kerajaan Inggris

Album Let It Be direkam pada Januari 1969, tetapi baru dirilis satu tahun kemudian, setelah The Beatles merilis album Abbey Road. Dengan demikian, album Let It Be menjadi album terakhir mereka.  

Rekaman film sepanjang 55 jam itu tadinya dibuat untuk acara televisi khusus. Namun, karena satu dan lain hal, rekaman film tersebut tidak jadi ditayangkan.

Baca juga: Paul McCartney Upayakan Kembalinya Hak atas Lagu-lagu The Beatles

Film dokumenter yang baru, yang belum diumumkan jadwal rilisnya, dibuat atas kerja sama dua personel yang masih ada, yaitu Paul McCartney dan Ringo Starr, serta keluarga dari mendiang George Harrison dan mendiang John Lennon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com