Anang Hermansyah Enggan Jelaskan soal RUU Permusikan Setengah-setengah

Kompas.com - 02/02/2019, 15:40 WIB

BOGOR, KOMPAS.com - Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah tak ingin berkomentar banyak terkait pembahasan Rancangan Undang Undang (RUU) Permusikan.

Saat ditemui dalam acara pembukaan Outlet Ayam Asix ke-8, di kawasan Braja Mustika, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/1/2019), Anang mengungkapkan alasannya enggan membahas hal itu.

"Begini teman-teman, bukan kita tidak mau menjelaskan secara detil, aku mau, cuma kan waktu kalian ditayangkan kan pendek, kalau kalian memotong-motong nanti salah pengertian kita yang repot. Saya yang repot," kata Anang.

"Saya tidak ingin itu jadi polemik. Kalau menjelaskan sepotong-sepotong aku tidak ingin," sambungnya.

Baca juga: RUU Permusikan Dikritik, Anang Hermansyah Jelaskan Kronologi Pembuatannya

Anang akan membuat sesi khusus untuk menjelaskan secara utuh tentang RUU permusikan yang tengah menjadi sorotan di kalangan musisi tanah air.

Pertemuan itu akan dilaksakan pada Senin (4/2/2019) mendatang, dan dihadiri puluhan musisi.

"Jadi saya akan memang membikin satu sesi untuk menjelaskan itu. Tanggal 4 ada acara pertemuan Kami Musik sama Koalisi Seni di Citos (Cilandak Town Square)," ucap Anang.

"Itu ada 50 hampir 60 artis datang untuk mendiskusikan masalah ini jam 10 pagi. Saya pasti datang," imbuhnya

Sejumlah musisi menilai bahwa pasal 5, pasal 32, dan pasal 50 dalam draft RUU Permusikan yang digulirkan oleh Komisi X DPR RI ini tidak sejalan dengan usaha mendukung produktivitas musisi dalam berkarya.

Sebagai informasi, pasal 5 dalam draf RUU Permusikan berisi tentang beberapa larangan bagi para musisi: dari mulai membawa budaya barat yang negatif, merendahkan harkat martabat, menistakan agama, membuat konten pornografi, hingga membuat musik provokatif.

Baca juga: Bela Anang Hermansyah, Ashanty Semprot Jerinx SID


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.