Pesan Damai Iwan Fals untuk Polemik Draf RUU Permusikan

Kompas.com - 06/02/2019, 05:45 WIB
Iwan Fals diwawancara eksklusif oleh Kompas.com di Menara Telkomsel. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAIwan Fals diwawancara eksklusif oleh Kompas.com di Menara Telkomsel. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Di tengah polemik tentang draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan, penyanyi senior Iwan Fals turut mengungkapkan pendapatnya.

Melalui akun Twitter resminya, @iwanfals, pelantun "Bongkar" itu menyarankan agar sebaiknya isi draf RUU tersebut didiskusikan secara damai.

"Soal RUU Permusikan rame ya...dirembukin baek2lah," tulis Iwan seperti dikutip Kompas.com, Rabu (6/2/2019).

Menurut dia, karena masih berbentuk draf rancangan, masih ada kesempatan untuk memperbaiki isinya sesuai dengan keinginan bersama, tetapi dengan berpendapat tanpa amarah.

"Mumpung belum di”dok” jangan sampe jotos2an ye, pemusik tu perasa lo, malu tau," tulis Iwan lagi.

"Pemusik yg ngerti bahasa hukum ya berjuanglah habis2an, sampe ke harmoni yg sejati, krn ini menyangkut masadepan musik Indonesia...," tambahnya.


Pesan damai bernada serupa disampaikan vokalis band Endank Soekamti, Erix Soekamti.

Melalui akun Instagram-nya, @erixsoekamti, Erix menilai draf RUU Permusikan memang disosialisasikan untuk didiskusikan kembali.

"RUU itu Rancangan Undang Undang, belum final, belum kiamat jg. Justru memang disebar untuk tujuan sosialisasi yg menghasilkan DISKUSI. Kenapa mesti ribut?" tulis Erix seperti yang dikutip Kompas.com, Selasa (5/2/2019).

Menurut dia, penolakan yang berlebihan bisa menjadi memperkeruh diskusi berkait draf RUU ini. Oleh karena itu, Erix menyarankan agar draf RUU permusikan direvisi.

"Yg Aku gak setuju adalah “cara” penolakannya yg lebay. Cacian ,hinaan, bullyan itu sdh tdk dalam koteks diskusi membangun. Tegas itu perlu, frontal jg oke tapi klo lebay jangan. apa lagi sampai menebar kebencian," tulisnya.

Baca juga: Erix Soekamti: RUU Permusikan Belum Final, Kenapa Mesti Ribut?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X