Fakta Unik Grammy Awards, Perubahan Nama hingga Desain Piala...

Kompas.com - 11/02/2019, 15:12 WIB
Pengaturan tempat duduk untuk para artis yang menghadiri perhelatan Grammy Awards di Staples Center, Los Angeles, Minggu (10/2/2019). BTS akan duduk di samping Camila Cabello dan di belakang Miley Cyrus dan Dolly Parton.Twitter/Staples Center Pengaturan tempat duduk untuk para artis yang menghadiri perhelatan Grammy Awards di Staples Center, Los Angeles, Minggu (10/2/2019). BTS akan duduk di samping Camila Cabello dan di belakang Miley Cyrus dan Dolly Parton.


KOMPAS.com - Bagi mereka yang bergelut dalam industri musik, tentu menjadi kebanggaan jika karyanya mendapatkan penghargaan. Sebab, penghargaan tentu merupakan bentuk apresiasi terhadap karya itu.

Salah satu penghargaan bergengsi dalam industri musik yang terkenal adalah Grammy Awards. Acara yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, pada Minggu (10/2/2019) waktu setempat merupakan penghargaan ke-61.

Acara tersebut menampilkan 84 penghargaan dalam beberapa kategori. Tahun ini, sejumlah musisi mendapat kesempatan untuk bersinar dengan meraih Grammy.

Bintang yang bersinar paling terang dalam Grammy Awards tahun ini adalah Childish Gambino yang meraih penghargaan Record of the Year dan Song of The Year berkat "This Is America".

Grammy Awards sampai kini memang masih menjadi acara yang mendapatkan perhatian dunia. Bermula pada 1959, berikut adalah sejumlah fakta menarik Grammy Awards:

1. Berubah nama

Pada awalnya, penghargaan ini berasal dari pihak yang bergelut dalam industri rekaman yang memiliki peran penting pada era 1950-an.

Seiring berjalannya waktu, beberapa eksekutif musik memutuskan untuk menciptakan penghargaan yang diberikan seperti Piala Oscar (Academy Awards) dan Emmy Awards.

Hingga akhirnya, diselenggarakan acara perdana yang disebut Gromophone Award.

Salah satu keunikan dalam acara itu adalah pemberian piala berlapis emas kepada seseorang yang berhasil memenangkan nominasi.

Piala itu berbentuk fonograf untuk menghormati Thomas Alva Edison. Tak lama setelah itu, akhirnya penghargaan berubah menjadi Grammy Awards.

Baca juga: Dua Musisi yang Bawa Pulang Piala Terbanyak di Grammy Awards 2019

2. Dua tempat

Pada perhelatan perdana, acara dilaksanakan di dua lokasi, Hotel Beverly Hilton di Beverly Hills California, dan Park Sheraton Hotel di Kota New York.

Acara tersebut diselangarakan pada 4 Mei 1959 dengan 28 piala nominasi ketika itu diberikan kepada pemenang.

Jumlah penghargaan yang diberikan mengalami pasang surut selama bertahun. Terdapat kategori yang ditambah dan ada juga kategori yang dihapus.

3. Desain piala diubah

Patung Grammy yang sudah jadi, terbungkus busa pelindung, diletakkan di dalam kotak kardus di Billings Artworks di Ridgway Colorado pada 12 Januari 2019.Billboard/Andy Cross/MediaNews Group/The Denver Post via Getty Images Patung Grammy yang sudah jadi, terbungkus busa pelindung, diletakkan di dalam kotak kardus di Billings Artworks di Ridgway Colorado pada 12 Januari 2019.
Ketika seorang musisi berhasil menang, dia akan menerima Piala Grammy berbentuk gramofon berlapis emas. Piala ini dibuat dan dirakit kali pertama oleh Billing Artworks di Ridgway, Colorado.

Pada era 1990-an, desain piala diubah dengan menambahkan komposisinya agar lebih kuat dan tak mudah rusak. Alhasil, piala menjadi lebih besar.

Dalam piala tersebut, terukir nama pemenang. Hingga 2009, total 7.578 trofi Grammy telah diberikan.

Baca juga: Tampil di Grammy Awards 2019, BTS Kenakan Busana Karya Desainer Korea

4. Pindah-pindah lokasi

Los Angeles dan New York merupakan kota pelaksana acara bergengsi tersebut. Seiring berjalannya waktu, pelaksanaan ditambah Chicago dan Nashville sebagai kota keempat.

Dari tahun ke tahun pindah-pindah di antara kedua kota tersebut. Dari Felt Madison Square Garden di New York City, dan kemudian Tennessee's Nashville Theatre dalam dua tahun berikutnya.

Akhirnya, pada 1974 hingga 2003, Grammy difokuskan pada New York City dan Los Angeles. Lokasi penting termasuk Madison Square Garden di New York City dan Radio City Music Hall dan Auditorium Kuil Los Angeles, Staples Center dan Hollywood Palladium.

Akhirnya, pada 2004 Staples Center menjadi rumah permanen dari upacara penghargaan

5. Terdapat Museum Grammy

Museum Grammyaxs Museum Grammy

Selain penghargaan, Grammy juga membuat museum yang terletak di seberang jalan Staples Center di Los Angeles. Tujuannya untuk melestarikan perjalanan sejarah Grammy Awards.

Dalam museum tersebut terdapat beberapa pemenang teratas setiap tahunnya, dari Rekaman Terbaik, Artis Baru Terbaik, Album Terbaik, dan Lagu Terbaik.

6. Siaran Grammy Award

Sebelum siaran langsung Grammy Awards pertama pada 1971 di ABC, serangkaian acara difilmkan dan direkam pada 1960 yang disebut The Best on Record disiarkan di NBC.

Siaran Grammy Awards pertama berlangsung pada malam 29 November 1959, sebagai episode dari seri NBC, "Sunday Showcase". Hingga 1971, upacara penghargaan diadakan di New York dan Los Angeles.

Pada 1973, CBS membeli hak siar dan memindahkan penghargaan ke Nashville, Tennessee. Hingga 2011, pihak penyelengara telah mencapai kesepakatan baru dengan CBS untuk mempertahankan penghargaan di jaringan selama 10 tahun lagi.



Close Ads X