Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reza Bukan Dituntut 6,5 Tahun Penjara atas Kasus Kepemilikan Narkoba

Kompas.com - 12/02/2019, 17:08 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Ati Kamil

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis komedi dan pembawa acara Deron Eka, yang dikenal dengan nama Reza Bukan, dituntut hukuman penjara selama enam tahun enam bulan atau enam setengah tahun oleh jaksa penuntut umum (JPU) atas kasus kepemilikan narkoba.

Tuntutan tersebut dibacakan oleh jaksa dalam sidang yang dilangsungkan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat pada Rabu minggu lalu (6/2/2019).

"Minggu kemarin tuntutan. Tuntutan hukuman penjara selama enam tahun enam bulan dan denda Rp 1 miliar," ujar jaksa Rinaldy Restayuda ketika dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Jalani Sidang, Reza Bukan Bantah Barang Bukti Narkoba Miliknya

Jaksa menilai Deron Eka melanggar Pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Jaksa menjelaskan alasan Reza dijerat pasal tersebut.

"Memang, karena ada unsur memiliki, menyimpan, dan menguasai. Dengan fakta persidangan, para saksi menerangkan bahwa Reza kalau untuk dikenakan Pasal 127 itu belum bisa, karena dia kedapatan memiliki," tutur Rinaldy.

Baca juga: Reza Bukan Menangis karena Merasa Difitnah Menyimpan Narkoba

Rinaldy Restayuda juga menyampaikan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Yang memberatkan, Reza dianggap tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba.

"Yang meringankan, dia bersikap sopan dalam persidangan dan belum pernah dihukum," ucapnya.

Baca juga: Kedapatan Pakai Narkoba, Reza Bukan Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara

Dalam dakwaan jaksa, Reza Bukan diduga memiliki tiga paket sabu dalam bungkusan kecil yang masing-masing berberat 0,19 gram dan 0,39 gram.

Reza ditangkap polisi di kediamannya di kawasan Kedaung, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Juli 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com