Desainer Ruang Irma Hardjakusumah Ikut Garap Pesta Pasca Oscars 2019

Kompas.com - 26/02/2019, 12:20 WIB
Perancang ruang untuk pesta Oscars Governors Ball, Irma Hardjakusumah, ditemui di kantor Studio Left miliknya di Los Angeles, California, AS.Dok VOA Indonesia Perancang ruang untuk pesta Oscars Governors Ball, Irma Hardjakusumah, ditemui di kantor Studio Left miliknya di Los Angeles, California, AS.

HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Seorang desainer ruang dari Indonesia kembali ikut menggarap pesta Oscars Governors Ball, yang diselenggarakan pasca perhelatan Academy Awards atau Oscars.

Ia adalah Irma Hardjakusumah, yang sering diminta untuk mendesain ruang pesta akbar penghargaan bergengsi, antara lain Emmy Awards.

"Saya itu sebenarnya basisnya desainer ruang, kayak arsitek gitu ya, tapi ruangannya itu semi temporer. Jadi, ruangannya itu event, exhibit, instalasi, panggung, pop up retail, segala sesuatu yang sifatnya temporary," tutur Irma ketika ditemui di kantor Studio Left miliknya beberapa waktu lalu oleh VOA Indonesia di Los Angeles, California, AS.

Baca juga: Tak Diliput Media dan Belum Glamor, Ini Saat Piala Oscar Pertama Digelar

Irma Hardjakusumah, yang juga sering mendesain ruang pameran atau panggung acara penghargaan, salah satunya Costume Designers Guild Awards di AS, mengatakan bahwa ia selalu berusaha untuk fokus pada pekerjaan dan mengerjakannya dengan integritas.

"Dengan begitu itu kayak semacam word of mouth kali ya. It goes and grows that way, saya lebih fokus ke kerjaannya sendiri. Untungnya sampai ke telinga-telinga yang benar gitu dan terus di-hire," ujarnya.

Ketika menggarap sebuah ide untuk pesta berskala besar, antara lain Oscars Governors Ball pasca Academy Awards 2019 atau Oscars 2019 (yang ke-91), memang Irma tidak sendirian.

Dari sebuah arahan kreatif awal, Irma kemudian mengembangkannya menjadi beberapa ide.

"Terus, dibahas secara massal sama komite, terus nanti ada input. Nah, nanti tugas saya pokoknya untuk bikin supaya ini enggak kelihatan berantakan lah. Jadi, make sure that everything is cohesive dan sesuai dengan konsep gitu," paparnya.

Baca juga: Mengintip Panggung Oscar 2019 yang Bertabur 41.000 Kristal Swarvoski

Irma Hardjakusumah mengaku sulit percaya bahwa dirinya sudah terlibat dalam pengerjaan pesta mewah Oscars Governors Ball selama kurang lebih 11 tahun.

Ia masih ingat bagaimana dulu selalu memirsa tayangan Oscars dari Jakarta dan sekarang bisa terlibat langsung.

"It's a job," ujarnya sambil bercanda.

"It's not always just jalan-jalan dan gampang, lihat-lihat gitu, cuman nunjuk-nunjuk. Kadang-kadang you have to do the hard work yourself. Kadang-kadang, if there's nobody around, saya yang bakal (memasang sekrup) sendiri. Sometimes I go and buy the hardwood myself. It's commitment. Jadi, kayak, sebesar itu, istilahnya, saya merasa senang dan bangga, sebesar itu saya juga merasa bertanggung jawab dan takut gitu kalau berbuat salah," lanjutnya lalu tertawa.

Baca juga: Usai Diprotes Hollywood, Semua Kategori Oscar 2019 Akhirnya Ditayangkan Live

Acara Oscars Governors Ball dihadiri oleh para tamu undangan yang terdiri dari para pemenang, peraih nominasi, dan juga para presenter Oscars.

Acara ini diadakan di sebuah ruang berkapasitas 1.500 orang di Dolby Theatre, Hollywood and Highland Center, Los Angeles, California, AS.

Biasanya, dalam acara ini para peraih piala Oscar kemudian diberi kesempatan untuk membuat grafir nama mereka pada piala-piala mereka.

Baca juga: Bohemian Rhapsody Berjaya, Ini Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2019

Tahun ini, Oscars Governors Ball mengambil tema Filmscapes, yang menggambarkan kompilasi film-film dunia melalui layar besar yang digabungkan dengan orkestra musik dari film-film tersebut.

Warna anggur merah dan emas dari piala Oscar mendominasi ruang yang disulap seperti teater film dengan meja-meja bundar yang beralas karpet berwarna merah dan emas.

Selama 25 tahun berturut-turut, chef legendaris Wolfgang Puck bersama timnya yang berjumlah lebih dari 900 orang, menghidangkan menu yang elegan dan penuh inovasi.

Menu itu, antara lain salmon asap berbentuk piala Oscar, burung dara goreng yang dipadukan dengan red velvet waffle, caviar, dan, yang paling terkenal, coklat berbentuk piala Oscar dengan serbuk emas 24 karat di atasnya.



Close Ads X