Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garut Undang Sejumlah Kelompok Kesenian

Kompas.com - 12/03/2019, 18:50 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

Sumber Antara

GARUT, KOMPAS.com--Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah mengundang kelompok kesenian khas sejumlah provinsi yang memiliki daya tarik tersendiri untuk hadir memeriahkan Gebyar Pesona Budaya Garut yang diselenggarakan di Alun-alun Garut pada 6 April 2019, sebagai rangkaian penutupan peringatan hari jadi ke-206 Kabupaten Garut.

"Nanti puncaknya (hari jadi Garut) akan ada Gebyar Pesona Budaya Garut sebagai 100 Calender of Event Wonderful 2019," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan kepada wartawan di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, kegiatan seni dan budaya yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Garut itu guna memberikan hiburan kepada masyarakat, sekaligus mengenalkan keragaman budaya Indonesia.

Ia menyebutkan kelompok seni yang biasa hadir dan mempertunjukan keseniannya di antaranya dari Sumatera, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan juga dari Papua.

"Kami harap seluruh provinsi bisa hadir menampilkan kekhasan daerahnya dalam acara gelar budaya di Garut," katanya.

Budi menambahkan, kesenian dari beberapa kota/kabupaten di Jabar juga siap tampil mempertunjukan kesenian khasnya untuk memeriahkan Gebyar Pesona Budaya Garut.

"Nanti tidak hanya seniman-seniman di Garut, ada dari kota kabupaten di Jawa Barat akan mengikuti helaran tradisional," katanya.

Ia mengungkapkan, dilaksanakannya kegiatan tahunan itu untuk menjadikan Garut sebagai pusat budaya sehingga bisa dikenal luas tentang kesenian dan kebudayaan Indonesia, khususnya Garut.

Ia berharap, kedatangan kelompok seni dari berbagai kota/kabupaten di Jabar dan berbagai provinsi di Indonesia dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang dampaknya bisa mendongkrak perekonomian di Garut.

"Dapat kita bayangkan berapa banyak orang dari berbagai daerah datang ke Garut, mereka pasti akan menginap, makan dan belanja oleh-oleh di Garut," katanya.

Sementara itu, Gebyar Pesona Budaya Garut akan berlangsung selama seharian dari mulai pagi hingga malam yang diisi dengan berbagai hiburan kesenian tradisional maupun modern.

Masyarakat Garut maupun wisatawan dari luar kota dapat menikmati sajian kesenian dan kebudayaan yang disuguhkan Pemerintah Kabupaten Garut itu secara gratis.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Garut telah menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti jalan santai dengan hadiah yang menarik, kemudian panggung hiburan rakyat dengan menampilkan artis ternama ibu kota.

Selain itu, digelar Pekan Raya Garut yang melibatkan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Garut yang dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com