Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tasya Kamila Punya Cara Menangkal Berita Hoaks

Kompas.com - 14/03/2019, 23:00 WIB
Andika Aditia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan teknologi sayangnya juga disertai dengan hal negatif, salah satunya adalah maraknya penyebaran berita palsu atau hoaks. Artis Tasya Kamila mengaku pernah mendapat kiriman berita hoaks. 

"Waduh banyak banget ya (pernah dapat berita hoax), misalnya di-share di grup keluarga, sosial media, atau yang bikin heboh judulnya, kayak 'Jangan lakukan seperti ini kalau tak mau seperti ini," ucap Tasya saat ditemui dalam sebuah acara di Mal FX, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).

Wanita yang tengah hamil tujuh bulan ini, menyampaikan bahwa sebaiknya setiap orang punya bekal untuk mendeteksi mana informasi benar dan palsu.

Karena, kata Tasya, kini informasi palsu beredar dengan berbagai topik.

Baca juga: Tasya Kamila Umumkan Jenis Kelamin Bayinya

"Entah itu tentang politik, figur publik, banyak banget aku temukan (berita hoax), jadi kalau kita jadi netizen yang smart, jadi orang-orang yang memiliki literasi edukasi, kita enggak bakal langsung percaya dengan sumber yang meragukan itu, apakah valid atau enggak," ujarnya.

Selain itu, Tasya menambahkan bahwa cara paling mendasar untuk menangkal berita palsu yang beredar adalah dengan mengenali sumber berita tersebut.

"Pastinya pastikan kalau sumber itu yang valid, dari media-media yang mainstream yang memang sudah besar namanya, dan sudah terdaftar," ucapnya.

"Dan juga siapa kira kalau dari vlog itu kontributornya siapa, apakah dia valid atau punya graduation yang tepat untuk menulis dan membuat artikel tersebut," sambungnya.

Baca juga: Tasya Kamila Wanti-wanti Suami agar Bersiap Cuti

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com