Tasya Kamila Punya Cara Menangkal Berita Hoaks

Kompas.com - 14/03/2019, 23:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan teknologi sayangnya juga disertai dengan hal negatif, salah satunya adalah maraknya penyebaran berita palsu atau hoaks. Artis Tasya Kamila mengaku pernah mendapat kiriman berita hoaks. 

"Waduh banyak banget ya (pernah dapat berita hoax), misalnya di-share di grup keluarga, sosial media, atau yang bikin heboh judulnya, kayak 'Jangan lakukan seperti ini kalau tak mau seperti ini," ucap Tasya saat ditemui dalam sebuah acara di Mal FX, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).

Wanita yang tengah hamil tujuh bulan ini, menyampaikan bahwa sebaiknya setiap orang punya bekal untuk mendeteksi mana informasi benar dan palsu.

Karena, kata Tasya, kini informasi palsu beredar dengan berbagai topik.

Baca juga: Tasya Kamila Umumkan Jenis Kelamin Bayinya

"Entah itu tentang politik, figur publik, banyak banget aku temukan (berita hoax), jadi kalau kita jadi netizen yang smart, jadi orang-orang yang memiliki literasi edukasi, kita enggak bakal langsung percaya dengan sumber yang meragukan itu, apakah valid atau enggak," ujarnya.

Selain itu, Tasya menambahkan bahwa cara paling mendasar untuk menangkal berita palsu yang beredar adalah dengan mengenali sumber berita tersebut.

"Pastinya pastikan kalau sumber itu yang valid, dari media-media yang mainstream yang memang sudah besar namanya, dan sudah terdaftar," ucapnya.

"Dan juga siapa kira kalau dari vlog itu kontributornya siapa, apakah dia valid atau punya graduation yang tepat untuk menulis dan membuat artikel tersebut," sambungnya.

Baca juga: Tasya Kamila Wanti-wanti Suami agar Bersiap Cuti

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.