Jackson GOT7 Tumbangkan Hater di Pengadilan

Kompas.com - 02/04/2019, 11:57 WIB
Member boyband GOT7, Jackson Wang. SoompiMember boyband GOT7, Jackson Wang.

KOMPAS.com - Member boyband GOT7, Jackson Wang, baru saja memenangi kasus pencemaran nama baik yang menjerat seorang pengguna internet. Orang yang disebut sebagai anti-fan atau hater itu dinyatakan bersalah karena terus-menerus menghina Jackson melalui akun Weibo.

Pernyataan yang dibuat si anti-fan dideskripsikan sebagai perkataan yang sangat jahat, kotor, dan berisi komentar yang meremehkan karakter Jackson.

Menurut pengumuman kasus dari firma hukum Jackson,  Beijing Xingquan Law Firm, anti-fan itu merupakan pengguna internet dengan nama akun Zhang_Xuan. Dia membuat lebih dari 10 posting Weibo melalui akun mereka di mana mereka menghina dan memfitnah Jackson.

Kasus ini disidangkan di Pengadilan Rakyat Beijing Haidian pada 16 Maret.

"Dalam banyak pos Weibo yang dibuat oleh si terdakwa, terdakwa menggunakan bahasa yang kasar dan ganas untuk menghina penggugat. Pernyataan seperti "pro-Kemerdekaan Hong Kong"," kata majelis hakim Pengadilan Rakyat Beijing Haidian dalam putusannya.

Baca juga: Jackson GOT7 Tegur Pria yang Kasar pada Perempuan

Pengadilan pun memutuskan mendukung Jackson karena menilai komentar tersebut cukup untuk merusak reputasi Jackson di mata masyarakat dan mewajibkan terdakwa meminta maaf.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Oleh karena itu, pengadilan memutuskan bahwa Zhang__Xuan harus membuat permintaan maaf tertulis melalui akun Weibo-nya dan membayar mengkompensasi atas kerugian finansial dan kerugian emosional terhadap Jackson dengan total 60.000 yuan," demikian bunyi putusannya.

Meski begitu, Jackson tak akan memasukkan uang kompensasi yang setara dengan Rp 127 juta itu ke kantong pribadinya.

Setelah mendengar keputusan dalam kasus ini, Jackson memutuskan untuk menyumbangkan semua kompensasinya untuk amal. Sebab, gugatannya tersebut semata-mata untuk melindungi karakternya, ia tidak peduli dengan keuntungan finansial.

Baca juga: Jackson GOT7 Merasa Belum Punya Hak Pacaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Koreaboo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.